Pemkab Sinjai Targetkan Nilai SAKIP dan RB Meningkat

0
217

SINJAI, – Pemerintah Kabupaten Sinjai mengikuti rapat evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2022 bersama tim evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Ruang Rapat Sekda Kantor Bupati Sinjai, Kamis (11/8/2022).

Acara yang digelar secara virtual tersebut dikuti oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai Haerani Sahlan, Inspektur Inspektorat Sinjai A. Adeha Syamsuri, Sekretaris Bappeda Abrar Awali, Kabag Organisasi Setdakab Andi Sompa serta diikuti pula oleh 10 Perangkat Daerah selaku sampel yang melakukan presentasi implementasi SAKIP dan RB.

Maksud dan tujuan dari proses evaluasi yang dilaksanakan oleh Tim dari Kemenpan-RB yaitu untuk mengetahui perkembangan, mulai dari pelayanan publik sampai sistem yang dijalankan oleh jajaran aparatur di instansi pemerintah daerah.

Hal ini rutin tiap tahun dilakukan kepada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah.

Dalam evaluasi tersebut, Tim Kemenpan RB berkomunikasi secara virtual dengan Asisten Administrasi Umum Setdakab beserta seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi sampel penilaian.

Asisten Administrasi Umum Setdakab, Haerani Dahlan mengatakan bahwa zoom meeting ini merupakan evaluasi dalam penilaian SAKIP dan RB yang dilakukan oleh Kemenpan RB terhadap Pemkab Sinjai.

Melalui evaluasi yang dilakukan ini, ia berharap agar Pemkab Sinjai tahun 2022 ini dapat meraih predikat yang baik atau indeks evaluasi baik SAKIP maupun RB bisa meningkat.

“Kita mengharapkan hasil evaluasi SAKIP naik dari predikat B menjadi BB, demikian juga untuk pelaksanaan RB dari predikat CC tahun lalu kita targetkan naik menjadi B, ” harapnya.

Sementara itu Bupati ASA dalam sambutannya mendukung upaya Kemenpan RB dalam tata kelola pemerintahan agar menjadi lebih baik.

“Kami sadar bahwa penerapan SAKIP dan RB ini menuntut komitmen dan semangat dari seluruh aparat pemerintah daerah, untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, sesuai dengan prinsip-prinsip good governance,” ujarnya.

Karena itu, Bupati ASA mengingatkan seluruh jajaran  perangkat daerah untuk melakukan pembenahan serta mengambil langkah korektif pada tiap unit kerja sehingga implementasi SAKIP dan RB ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (Tim Website)

Previous articleBupati ASA Kembali Gagas Program Cetak Generasi Ulama, Pimpinan Ponpes: Gagasan Cemerlang
Next articlePemkab Sinjai Diganjar Penghargaan Patuh Administrasi dari Gubernur SulSel