Bupati ASA dan Dandim 1424 Sinjai Tanam Jagung

0
216

SINJAI, – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), menghadiri penanaman jagung yang dilakukan jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1424 Sinjai di belakang Kantor Bupati, Jumat (5/8).

Penanaman jagung secara simbolis dimulai oleh Bupati ASA, Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin, Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf Sumardi, Kapolres Sinjai AKBP Rachmat Sumekar serta Kajari Sinjai, Zulkarnaen.

Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf Sumardi, penanaman jagung tersebut merupakan program ketahanan pangan Kodim. Program ini juga merupakan tindak lanjut dari perintah langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasat AD).

“Ini program pimpinan TNI Angkatan Darat dalam rangka mendukung program ketahanan pangan,” kata Sumardi.

Untuk jenis jagung yang ditanam merupakan benih jagung hibrida F1 Super Varietas Bisi 959. Varietas ini dipilih karena karakteristik yang dinilai cocok untuk kondisi geografis Kabupaten Sinjai.

Selain buah, kata Mantan Danyonif Raider 514/SY/9/2 Kostrad Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) itu, batang dari varietas ini juga cocok untuk pakan ternak sapi, mengingat populasi sapi di Kabupaten Sinjai berkisar 124 ribu ekor atau terbanyak ketiga di Sulsel.

“Varietas ini sudah kami coba di Bondowoso dan Alhamdulillah hasilnya bagus, selain dikonsumsi juga cocok untuk pakan ternak sapi karena karakteristik daun yang lebar, tongkol yang besar dan batang yang besar,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati ASA pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas program ketahanan pangan Kodim 1424 Sinjai.

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini yakin program ini membawa manfaat besar bagi masyarakat. Bahkan menjadi solusi pakan ternak yang masih menjadi masalah bagi peternak di Kabupaten Sinjai.

“Selaku kepala daerah saya mengapresiasi, kemudian jagung yang kita tanam ini bisa bermanfaat untuk masyarakat, khususnya menjadi solusi pakan bagi peternak,” ucapnya.

Dia berharap program ini bisa bejalan lancar, berkembang bahkan berkesinambungan. “Terima kasih pak Dandim, semoga bisa berjalan dengan baik lancar, sehingga pada panen nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” harapnya.

Penanaman jagung program ketahanan pangan Kodim 1424 Sinjai itu turut dihadiri kepala OPD, Kabag, Camat, Kepala Desa hingga kelompok tani setempat. (Tim Website)

Previous articlePotong Bersyarat, Pemilik Ternak Kena PMK Dapat Bantuan
Next articleCoffe Morning, Bupati ASA Minta Bawaslu Maksimalkan Pengawasan Pemilu Serentak 2024