spot_img
Thursday, March 28, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDirektur RSUD Sinjai Beberkan Sistem Rujukan Pasien

    Direktur RSUD Sinjai Beberkan Sistem Rujukan Pasien

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Sistem rujukan dalam pelayanan kesehatan adalah penyelenggaraan kegiatan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggungjawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horisontal yang diatur dalam Permenkes RI No. 001 tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan perorangan

    Dalam melakukan sistem rujukan, kini telah diatur dalam Sistem Rujukan Terpadu (SISRUTE) berbasis aplikasi yang dapat menghubungkan data pasien dari tingkat layanan lebih rendah ke tingkat layanan lebih tinggi dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses rujukan pasien.

    Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai, dr. Kahar Anies saat menjadi narasumber di program acara talkshow “OPD Bicara” di Studio Radio Suara Bersatu 95,5 FM, Selasa (02/08/2022) kemarin.

    “Dulunya kalau pasien mau dirujuk, dilakukan secara langsung. Nanti kalau sudah sampai di Makassar baru dicarikan Rumah Sakit. Namun sekarang, dalam aplikasi SISRUTE ini kita bisa merujuk jika sudah ada Rumah Sakit yang bersedia menerima pasien tersebut,” ungkapnya.

    Dikatakan Kahar Anies, sebuah rujukan harus dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat Puskesmas hingga ke Rumah Sakit.

    “Jadi kita di RSUD Sinjai itu menerima pasien rujukan dari Puskesmas. Pasien yang kami terima itu membutuhkan penanganan dokter ahli yang harus ditunjang dengan sarana yang tersedia. Kadang kita sudah memiliki ahlinya, namun terkendala dengan keterbatasan alat yang kami miliki. Disitulah kita baru merujuk pasien ke Rumah Sakit yang lebih tinggi tipe-nya. Sekarang, kita di RSUD Sinjai berstatus sebagai rumah sakit tipe C. Jadi kalau merujuk pasien, harus dibawa ke rumah sakit bertipe B yang memiliki fasilitas yang lebih memadai,” jelasnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts