spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaWujudkan Ekonomi Kreatif Yang Mandiri, Mahasiswa KKN Tematik Unhas Gelar Sosialisasi...

    Wujudkan Ekonomi Kreatif Yang Mandiri, Mahasiswa KKN Tematik Unhas Gelar Sosialisasi Pengembangan UMKM

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Mahasiswa KKN Tematik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar mengadakan sosialisasi pengembangan UMKM yang bertempat di Aula PPI Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (26/7/2022).

    Kegiatan yang mengusung tema “Wujudkan Ekonomi Kreatif Yang Mandiri dan Berkelanjutan” ini diikuti oleh para pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Lappa dan dibuka oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong.

    Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah menyambut baik serta mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini mengingat ekonomi kreatif menjadi kekuatan baru khususnya di Kabupaten Sinjai dalam membangun daerah.

    “Hal ini memang penting sebagai salah satu sektor strategis dalam pembangunan di masa yang akan datang karena ekonomi kreatif berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian masyarakat, penciptaan lapangan usaha, peningkatan produk dan karya kreatif masyarakat,” jelasnya.

    Sementara itu Koordinator Wilayah KKN Tematik Unhas Gelombang 108, Muhammad Faizal menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong percepatan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Lappa khususnya di sektor kemaritiman.

    “Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program utama yang kami rencanakan di Kelurahan Lappa ini sebagai wujud kepedulian kami terhadap permasalahan utama para pelaku UMKM yaitu terkait manajemen berusaha, perizinan maupun permodalan,” katanya.

    Untuk itu dengan menggandeng beberapa instansi terkait, melalui sosialisasi ini pihaknya juga mewadahi para pelaku UMKM untuk mendapatkan izin serta modal usaha.

    Sebab menurutnya pelaku usaha yang ada di Lappa ini memiliki pangsa pasar yang besar tapi masih ada yang belum punya izin usaha serta disisi lain ada pula usaha mikro yang sudah punya izin tetapi tidak memiliki modal yang memadai.

    “Makanya kegiatan ini, selain kami hadirkan dari Dinas Koperasi dan UKM Sinjai, kami juga hadirkan pemateri dari Dinas PMTSP Sinjai untuk menjembatani agar punya izin usaha serta dari pihak perbankan terkait program KUR yang bisa didapatkan pelaku usaha, ” jelasnya.

    Faizal berharap, melalui kegiatan ini efektivitas dalam berwirausaha di sektor UMKM dapat tercipta yang akan mewujudkan kemandirian dalam berwirausaha sehingga pada akhirnya pendapatan masyarakat juga akan meningkat. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts