Home Berita Kadis Kominfo – Kepala BPS Sepakat Jalin Sinergitas, Wujudkan Program Satu Data

Kadis Kominfo – Kepala BPS Sepakat Jalin Sinergitas, Wujudkan Program Satu Data

0

SINJAI, – Program satu data adalah sebuah gagasan dari pemerintah pusat untuk meningkatkan efektivitas pengambilan kebijakan dengan berdasarkan data. Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan data-data pemerintah yang terbuka dan akurat.

Hal itu menjadi topik pembicaraan saat Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai, Arif Miftahuddin bersilaturahmi dengan Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan di ruang kerja Kadis Kominfo, Selasa (26/07/2022) pagi.

Usai pertemuan, Arif siap menjalin sinergitas bersama Diskominfo dalam mewujudkan program satu data tersebut.

“Kami sepakat di BPS Sinjai, satu data ini kita tindaklanjuti. Kemudian kami juga bertukar pikiran mengenai pelayanan dalam melayani kebutuhan data di masyarakat,” ujarnya.

Senada dengan Kepala BPS, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dalam mewujudkan satu data.

Sejauh ini kata Tamzil, pihaknya tengah mengembangkan aplikasi informasi statistik untuk lintas sektoral.

“Kita ketahui bahwa data statistik itu ada 3, yakni statistik umum yang dikelola oleh BPS, statistik sektoral yang dikelola Pemda, dan statistik khusus yang dikelola oleh perguruan tinggi dalam hal riset. Statistik sektoral ini telah kita buatkan aplikasi, tapi masih dalam pengembangan. Kita sudah sampaikan ke BPS agar data statistik umum bisa dimasukkan dalam aplikasi tersebut sehingga memudahkan akses data,” jelasnya.

Dalam pertemuan ini, Kadis Kominfo Sinjai didampingi Statistisi Ahli Muda Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Sinjai, Asmawati. (Tim Website)

Exit mobile version