UT Ajak Bupati ASA Kerjasama dalam Pengembangan Digitalisasi Bersama ICE-Institute

0
113

SINJAI, – Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama kampus Universitas Terbuka (UT), Rahmat Budiman bersama rombongan menyambangi Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Kamis (21/07/2022) siang.

Civitas akademika UT ini datang menemui orang nomor satu di Kabupaten Sinjai. Kedatangannya diterima langsung Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa.

Pertemuan tersebut dibeberkan Rahman Budiman, dalam rangka membahas rencana kerjasama dalam pengembangan digitalisasi dengan pemerintah daerah bersama Indonesia Cyber Education Institute (ICE-Institute).

“Kedatangan kami menindaklanjuti pertemuan bapak Bupati dengan Kepala ICE-Institute untuk pengembangan digital. Kebetulan Universitas Terbuka bersama ICE-Institute itu sudah mengembangkan digital konten yang bisa kita share dengan Pemda Sinjai,” bebernya.

Selain itu, pihaknya juga menawarkan kerjasama pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui program rekognisi pembelajaran lampau yang diterapkan pada perkuliahan di kampus UT tersebut.

“Rekognisi pembelajaran lampau ini, mahasiswa bisa melompat semester. Katakanlah seorang aparat desa yang telah memiliki gelar D3, kemudian punya pengalaman kerja selama bertahun-tahun, riwayat jabatan, riwayat pelatihan hingga penghargaan yang diterima, itu bisa kita rekognisi menjadi sejumlah SKS. Maksimum jumlah semester yang kita rekognisi itu 5 semester. Artinya, mahasiswa tidak perlu lagi mengambil mata kuliah dari semester 1,” jelasnya.

Program yang ditawarkan oleh UT, menuai respons positif dari Bupati ASA. Apalagi, hal tersebut berbanding lurus dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi di era digital saat ini.

Selain itu, ASA juga menilai program tersebut sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, serta memberikan kemudahan bagi perangkat daerah untuk menunjang pendidikannya.

“Tentunya kita sambut baik program dari teman-teman di Universitas Terbuka. Ini akan segera kita tindaklanjuti dalam bentuk perjanjian kerjasama. Saya berterima kasih atas kehadiran teman-teman UT yang telah memaparkan programnya untuk kemajuan daerah,” ujar Bupati ASA. (Tim Website)

Previous articleJelang Pelantikan, DPP HIPPMAS Silaturahmi dengan Bupati ASA
Next articlePemkab Sinjai Gelar Bimtek Penilaian Maturitas Penyelenggaran SPIP Terintegrasi