Melek IT, Murid Baru SDN 84 Mangarabombang Belajar Pakai Laptop

0
152

SINJAI, – Tahun ajaran baru 2022/2023, beberapa sekolah di Kabupaten Sinjai melakukan pembaharuan dengan mulai menerapkan konsep digital untuk kegiatan belajar mengajarnya.

Terlebih semua sektor di era industri 5.0 ini sudah melakukan digitalisasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi, tak terkecuali di sektor pendidikan.

Seperti yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 84 Mangarabombang Kecamatan Sinjai Timur. Para murid baru atau siswa kelas 1 mulai belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan memanfaatkan laptop atau Chrome Book.

Di sekolah ini siswa baru mulai diajarkan cara menyalakan dan mematikan Chrome Book, memasukkan password, mengenal aplikasi Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Youtube serta pembelajaran dan aplikasi yang ada dalam laptop.

Kepala SDN 84 Mangarabombang Abdul Syukur mengungkapkan bahwa program ini merupakan buah pikiran dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai A. Jefrianto Asapa yang mengharapkan semua sekolah yang mendapatkan bantuan laptop wajib mengajarkan TIK di sekolah tersebut.

“Kebetulan di sekolah kami mendapatkan bantuan TIK sehingga ini kita manfaatkan untuk mengenalkan cara penggunaan laptop ke siswa baru. Inovasi ini dinamakan program DSS (Drive Shift Sistem),” katanya, Jumat (15/7/2022).

Selain itu, siswa baru di sekolah ini juga dibekali pelajaran bahasa inggris yang merupakan bagian dari penerapan kurikulum merdeka belajar.

“Pembelajaran bahasa inggris baru beberapa sekolah yang menerapkan di Kabupaten Sinjai, hanya sekolah yang memilih IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi,” jelasnya.

Adapun jumlah siswa baru di SDN 84 Mangarabombang yakni sebanyak 48 orang siswa dengan menggunakan 2 rombel kelas. (Tim Website)

Previous articleBersama Pemerintah Daerah, Kodim 1424 Sinjai Gelar Kerja Bakti
Next articleJamkesda Plus di Era Bupati ASA Jadi Solusi Konkret Atasi Masalah Kesehatan Masyarakat Sinjai