spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaHingga Juni, Ratusan Warga Manfaatkan Gerai Terpadu RSUD Sinjai

    Hingga Juni, Ratusan Warga Manfaatkan Gerai Terpadu RSUD Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Salah satu program unggulan pemerintah Kabupaten Sinjai di sektor kesehatan yang juga sangat dirasakan manfaatnya adalah Gerai Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai.

    Betapa tidak, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang menggagas program ini tidak lain karena beliau tidak ingin masyarakatnya tidak terlayani di fasilitas kesehatan karena terkendala dengan biaya.

    Bupati ASA menjelaskan, Gerai Pelayanan Terpadu Satu Pintu bertujuan untuk mendekatkan akses pelayanan administrasi pasien.

    Dimana lintas sektor terkait seperti BPJS Kesehatan, Jasa Raharja, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Sosial secara bersama-sama dan terpadu memberikan pelayanan dalam hal penerbitan jaminan pembiayaan kesehatan.

    Gerai ini dihadirkan untuk mendekatkan akses pelayanan administrasi pasien. Semua sektor pelayanan terkait dipusatkan dalam satu tempat sehingga dapat mempermudah pelayanan publik ke masyarakat.

    “Melalui Gerai ini pasien yang menjalani perawatan dan tidak memiliki jaminan kesehatan atau BPJS. Cukup dengan fotocopy KTP/KK, kita akan buatkan BPJS Kesehatan yang preminya di tanggung oleh Pemda. Dengan kehadiran petugas lintas sektor di Rumah Sakit, keluarga pasien tidak perlu datang ke dinas terkait, namun cukup memberikan identitas pribadi dan dalam waktu singkat BPJS diterbitkan,” jelasnya.

    Bahkan warga Sinjai yang belum memilki KTP elektronik pun, kata Bupati, tetap akan diberikan pelayanan gratis sebab Disdukcapil Sinjai akan melakukan perekaman langsung untuk diterbitkan KTP sebagai identitas pribadi.

    Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan H. Mahyuddin, Jumat (15/7/2022) mengatakan bahwa selama tahun 2022 ini dari periode bulan Januari hingga Juni, jumlah warga Sinjai yang dilayani di Gerai ini sebanyak 163 orang.

    Jumlah ini terdiri dari pembuatan jaminan kesehatan atau kepesertaan baru sebanyak 131 orang dan pengalihan BPJS Kesehatan dari mandiri ke BPJS Kesehatan PBI yang dibiayai Pemkab Sinjai sebanyak 32 orang.

    “Program yang dilaunching oleh Bapak Bupati sejak awal kepemimpinannya sangat memudahkan masyarakat. Mereka cukup memberikan identitasnya sebagai warga Sinjai, maka segera dibuatkan kartu BPJS sehingga mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, ” terangnya.

    Untuk pelayanan di Puskesmas, berkas atau identitas dari pasien akan dikirimkan ke petugas Gerai melalui grup WhatsApp.

    Kebijakan ini juga diharapkan akan meningkatkan capaian cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) yang telah dicapai oleh Kabupaten Sinjai selama ini. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts