spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPeternak Akui Manfaat Program IB Plus yang Dicetuskan Bupati ASA

    Peternak Akui Manfaat Program IB Plus yang Dicetuskan Bupati ASA

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Berbagai inovasi dan terobosan yang digulirkan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) kurun waktu empat tahun memimpin Kabupaten Sinjai semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

    Misalnya program inseminasi buatan (IB) yang diprogramkan Bupati melalui Dinas Peternakan Kesehatan Hewan (DPKH) setempat. Program ini membawa sekelumit manfaat, bahkan diakui oleh peternak berhasil meningkatkan pendapatan mereka.

    Patang Daeng Mani peternak asal Desa Bulutellue, Kecamatan Bulupoddo mengaku, program ini memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat peternak di Bumi Panrita Kitta sebutan Kabupaten Sinjai.

    Sebab, dengan inseminasi buatan peternak sudah bisa menentukan jenis sapi yang akan mereka kembangkan, seperti Simmental, Limousin dan jenis lainnya.

    “Dampaknya, harga jual lebih mahal, bisa tiga kali lipat. Satu tahun itu hasil sapi IB seperti Limousin bisa mencapai Rp.15 juta dibanding sapi bali Rp.10 juta itu sudah terlalu mahal,” ungkap Patang baru-baru ini.

    Ketua Kelompok Tani Ternak Tanah Tekko menambahkan, program IB yang merupakan salah satu upaya penerapan teknologi tepat guna yang menjadi pilihan utama untuk peningkatan populasi dan mutu genetik sapi memang banyak diminati oleh masyarakat.

    “Memang banyak yang tertarik dengan program IB, tetapi tergantung juga bodynya sapi karena tidak semua sapi bisa di IB. Makanya ada petugas yang datang melihat apakah sapi tersebut layak untuk di IB atau tidak,” kata dia.

    Melalui kegiatan IB, penyebaran bibit unggul ternak sapi dapat dilakukan dengan murah, mudah dan cepat, serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para peternak.

    Memang diberbagai kesempatan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mendorong peternak untuk memanfaatkan program unggulan pemerintah di bidang peternakan, khususnya Inseminasi Buatan tersebut.

    Sebab, program ini disebut mampu meningkatkan perekonomian alias kesejahteraan peternak dari hasil IB Plus.

    Keuntungan lainnya dari program ini kata Bupati ASA, adalah setiap sapi yang di IB otomatis terdaftar Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) yang menjamin ternak sapi yang mati karena sakit dan sebagainya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts