spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBerita52.177 Anak di Sinjai Jadi Target Program BIAN

    52.177 Anak di Sinjai Jadi Target Program BIAN

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Sebanyak 52.177 anak di Kabupaten Sinjai menjadi target untuk diimunisasi dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dicanangkan secara serempak oleh Pemerintah Pusat.

    Target tersebut terdiri dari anak usia balita 1 sampai 5 tahun yang diberi imunisasi polio, DPT HB dan OPV dan IPV sedangkan anak 9 bulan – 12 tahun diberi imunisasi campak dan rubella.

    Program BIAN ini merupakan kegiatan pemberian imunisasi tambahan campak rubella bagi anak usia 9 bulan hingga 12 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya yang kini sedang digalakkan pemerintah.

    Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Akhirani saat ditemui, Selasa (21/6/2022) mengatakan bahwa hingga saat ini capaian program BIAN di Sinjai sudah mencapai 44,01 persen atau sudah ada 22.988 anak yang telah diimunisasi.

    “Program BIAN ini adalah merupakan program pemerintah pusat yang dilaksanakan serentak untuk tahap pertama di Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera. Kami di Sinjai dari target sasaran 52.177 anak, saat ini sudah ada 22.988 anak yang telah diimunisasi,” jelasnya.

    Disebutkan, tempat pelaksanaan program BIAN dilaksanakan oleh seluruh puskesmas dengan lokasi di Posyandu dan semua PAUD dan sekolah SD di Kabupaten Sinjai.

    “Jadi setiap puskesmas sudah memiliki jadwal untuk mengunjungi sekolah PAUD dan SD untuk usia sekolah, sedangkan usia balita dipusatkan di posyandu,” ujarnya.

    Dijelaskan, manfaat imunisasi ini adalah cara memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kebal akan serangan kuman penyakit, baik itu bakteri, virus, jamur, parasit dan lainnya.

    Ia mengakui bahwa masih ada beberapa orang tua yang enggan untuk mengikutkan anaknya pada imunisasi ini, namun pihaknya tetap terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak percaya dengan berita hoax terkait program imunisasi ini.

    Berdasarkan jadwal dari Pemerintah pusat, imunisasi khusus campak rubella pelaksanannya akan berakhir pada akhir bulan Juni ini sedangkan imunisasi pelengkap seperti polio, DPT HB, OPV dan IPV sampai akhir tahun 2022. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts