spot_img
Wednesday, April 17, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPermudah Mobilisasi Hasil Pertanian, Bupati ASA Kembali Bangun 8 Jalan Usaha Tani...

    Permudah Mobilisasi Hasil Pertanian, Bupati ASA Kembali Bangun 8 Jalan Usaha Tani Tahun ini

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) kembali akan merealisasikan salah satu program di bidang pertanian. Adalah pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT).

    Total jalan usaha tani yang akan dibangun tahun 2022 ini sebanyak delapan paket yang tersebar dibeberapa kecamatan seperti Sinjai Borong, Sinjai Barat, Tellulimpoe dan Kecamatan Bulupoddo.

    Menurut Bupati ASA, pembangunan jalan usaha tani yang terus dilaksanakan setiap tahunnya ini merupakan realisasi dari program yang telah dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

    Tujuannya, kata dia untuk memudahkan akses maupun mobilisasi para petani mengangkut hasil pertanian mereka dari kebun atau sawah untuk kemudian dipasarkan.

    “Alhamdulillah tahun ini kita akan kembali merealisasikan pembangunan jalan tani, karena kalau akses yang lancar yakin dan percaya juga akan berdampak pada peningkatan produktivitas pertanian kita,” ungkapnya.

    Terpisah Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sinjai, melalui Kasubag Program Laode Ahmad Patu mengatakan, rencana pembangunan jalan tani di Kabupaten Sinjai bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

    “Delapan jalan tani yang akan dibangun tersebut adalah 5 paket di kecamatan Bulupoddo, dan masing-masing satu paket di Kecamatan Sinjai Borong, Sinjai Barat dan Tellulimpoe,” kata Laode, Rabu (8/6)

    Pembangunan jalan tani di Kabupaten Sinjai kata La Ode juga mempunyai manfaat yang besar bagi petani dan peningkatan produktivitas pertanian, olehnya itu program ini terus direalisasikan sejak awal pemerintahan Bupati ASA.

    “Manfaatnya sangat besar karena bisa digunakan untuk mengangkut mulai dari pupuk, benih hingga hasil pertanian bahkan bisa meningkatkan harga lahan disekitar jalan tani. Kita patut bersyukur pak Bupati sangat menaruh perhatian yang besar kepada petani kita untuk melakukan komunikasi dan koordinasi hingga ke pusat,” jelasnya.

    Pihaknya menyebut, jumlah pembangunan infrastruktur pertanian di Sinjai kemungkinan bertambah sebab bakal ada bantuan dari pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel mengenai pembangunan jalan tani.

    “Insyaa Allah, kita tunggu prosesnya dari Provinsi Sulsel, tapi yang pasti itu ada delapan yang akan dibangun tahun ini,” jelasnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts