spot_img
Friday, April 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaMas Ati, Pemenang Utama Lansia SIAP Ajak Lansia Tidak Takut Vaksinasi

    Mas Ati, Pemenang Utama Lansia SIAP Ajak Lansia Tidak Takut Vaksinasi

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Dra. Hj. Mas Ati, pemenang utama kompetisi Lansia SIAP mengajak seluruh lansia khususnya yang ada di Kabupaten Sinjai untuk tidak ragu dan tidak takut mengikuti program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah saat ini.

    Kata dia, lansia harus tetap SIAP untuk vaksinasi lengkap untuk meningkatkan imunitas dan perlindungan menghadapi risiko keparahan akibat terinfeksi Covid-19.

    Ajakan itu disampaikan Mas Ati saat menjadi narasumber pada talk show di Radio Suara Bersatu FM Sinjai, Rabu (8/6/2022).

    “Ternyata setelah kami di vaksinasi rupanya manfaatnya cukup banyak, termasuk alhamdulillah kondisi kesehatan saya semakin baik,” ujarnya.

    Oleh karena itu, dia meminta para lansia untuk ikut vaksin. Kendati sebelum ikut vaksin Mas Ati menghimbau agar terlebih dahulu mengontrol kondisi kesehatan.

    “Saya sampaikan kepada para lansia agar tidak ragu dengan program vaksinasi ini karena betul-betul memberikan dampak yang sangat bagus pada tubuh kita. Kemudian jangan percaya soal hoax, yang jelas datangi pos pelayanan kesehatan yakin dan percaya para petugas kesehatan akan memberikan informasi yang akurat,” imbuhnya.

    Mantan pejabat Pemkab Sinjai ini terus mendorong para lansia dalam mensukseskan program vaksinasi. Salah satunya, dia intens menyampaikan edukasi dan sosialisasi kepada komunitasnya tentang betapa pentingnya vaksin untuk lansia.

    “Karena kita ini lansia tidak boleh tidak berdaya, tidak boleh menjadi beban keluarga, bila perlu kita harus memberikan tenaga dan pikirannya untuk kepentingan keluarga. Salah satu cara untuk tetap bugar kita harus mengikuti vaksinasi karena saya yakin ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan,” kuncinya.

    Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sinjai dr. Aliawati Albek menerangkan bahwa, pemerintah telah berkomitmen, mulai dari Forkopimda bersama seluruh jajaran hingga sampai ke pelosok terbawa untuk melaksanakan vaksinasi.

    Kemudian melakukan penyebaran media informasi, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat dan para lansia sebagai sasaran vaksinasi.

    “Kita ada 16 Puskesmas di Kabupaten Sinjai yang semuanya memberikan pelayanan vaksinasi. Kemudian ada Rumah Sakit Umum Daerah dan dua klinik seperti di Polres dan klinik Kodim,” katanya.

    Khusus untuk layanan lansia, jika mereka tidak mampu mendatangi layanan atau fasilitas kesehatan, pihaknya melakukan door to door.

    “Artinya kita yang menjemput dan mendatangi lansia, untuk bisa mendapatkan apakah vaksinasinya dilakukan di rumah lansia atau kita yang membawa dari rumah ke layanan,” ujarnya.

    Dengan begitu, dr. Anti sapaannya berharap beberapa kegiatan yang sudah dilakukan ditambah dengan kampanye lansia SIAP ini vaksinasi di Kabupaten Sinjai bisa mencapai target.

    Sekedar diketahui, pahlawan Lansia SIAP adalah program yang digagas oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, serta didukung oleh United States Agency for International Development (USAID) melalui Breakthrough ACTION for COVID-19 (BA) program. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts