spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPantau Kualitas Air Secara Online, DLHK Sinjai Akan Pasang Alat Onlimo

    Pantau Kualitas Air Secara Online, DLHK Sinjai Akan Pasang Alat Onlimo

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Sebagai instansi yang bertugas untuk perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui upaya menjaga kualitas air agar sesuai peruntukannya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai akan memasang alat Online Monitor (onlimo).

    Onlimo adalah sebuah sebuah perangkat otomatis yang berfungsi secara terus menerus melakukan pengawasan terhadap kualitas air, sehingga ke depan tidak lagi melakukan pengecekan secara manual dengan mengambil sampel untuk dilakukan uji laboratorium.

    Kepala DLHK Sinjai Ir. H. Muhammad Ramlan mengatakan bahwa untuk tahun ini akan dipasang satu unit onlimo di Sungai Tangka Kecamatan Sinjai Utara.

    Dengan alat ini bisa secara real time melihat 11 parameter uji kualitas air. Alat ini juga terkoneksi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sehingga bisa memantau kondisi air di Sungai Tangka secara real time.

    “Melalui alat ini kita bisa memonitor kondisi air sungai selama 24 jam dari potensi pencemaran akibat limbah industri, zat kimia hingga sampah,” jelasnya, Kamis (2/6/2022).

    Selain itu, DLHK Sinjai juga mendapatkan dana Alokasi Khusus (DAK) untuk penambahan alat laboratorium untuk pengujian kualitas air.

    “Alat laboratorium ini untuk menguji kualitas air, tahun ini kita tambah 3 parameter sehingga ke depan laboratorium yang ada di Sinjai ini bukan lagi laboratoriun penguji tapi dengan alat baru ini bisa meningkat menjadi laboratorium lingkungan,” ungkapnya.

    Ramlan menambahkan bahwa selama ini DLHK Sinjai rutin sekali dalam tiga bulan melakukan pengambilan sampel untuk mengukur kualitas air di tiga sungai yaitu Sungai Balangtieng, Sungai Tangka dan Sungai Mangottong. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts