spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaVaksinasi Sapi Tekan Wabah PMK, DPKH Tunggu Impor dari Pemerintah Pusat

    Vaksinasi Sapi Tekan Wabah PMK, DPKH Tunggu Impor dari Pemerintah Pusat

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai menunggu impor vaksin untuk hewan ternak, pasca merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) diberbagai daerah di Indonesia.

    Demikian diungkapkan Kepala DPKH Sinjai, H. Burhanuddin saat ditemui belum lama ini. Dia mengatakan bahwa, memang Kementerian Pertanian (Kementan) berencana memasukkan vaksin ke daerah-daerah.

    “Kita tunggu Kementan melakukan impor untuk segera kita lakukan vaksin, terutama di daerah-daerah yang belum tertular seperti di Sinjai dan Sulawesi pada umumnya,” ungkapnya.

    Burhanuddin menambahkan bahwa, sampai saat ini seluruh pulau sulawesi masih aman, sementara yang sudah terdampak itu, Sumatera, Jawa, Kalimantan dan NTT.

    Untuk mencegah, penyebaran wabah tersebut pihaknya juga akan memperketat lalu lintas ternak, seperti memperketat jalur masuk ternak di Sinjai terutama di Pelabuhan Larea-rea.

    Seperti diketahui, Wabah PMK memiliki tingkat penularan tinggi karena dapat tersebar melalui udara (airborne). Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) telah menemukan serotipe dan strain virus PMK yang menjangkit hewan ternak di dalam negeri.

    Secara umum, ada 14 serotipe wabah PMK di dunia. Berdasarkan penelitian, serotipe PMK yang menjangkit hewan ternak di Indonesia memiliki tipe O dengan strain Ind2001. Strain tersebut umum ditemukan di Asia Tenggara. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts