spot_img
Tuesday, April 23, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPenerimaan Siswa Baru, Ini Upaya Disdik Sinjai Untuk Pemerataan Pendidikan

    Penerimaan Siswa Baru, Ini Upaya Disdik Sinjai Untuk Pemerataan Pendidikan

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai kembali menerapkan sistem zonasi dalam masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023.

    Sistem ini, mengatur siswa-siswi mendaftar ke sekolah berdasarkan lokasi rumah calon siswa. Penerimaan siswa baru ini telah dimulai oleh beberapa satuan pendidikan di Kabupaten Sinjai sejak pekan lalu.

    “Penerapan zonasi untuk PPDB tahun ini kita tetap terapkan di sekolah SD dan SMP untuk pemerataan siswa. Artinya tidak ada istilah sekolah favorit lagi,” kata Kepala Disdik Kabupaten Sinjai A. Jefriyanto Asapa, Rabu (25/5/2022).

    Sistem zonasi ini mengacu pada Peraturan Bupati Sinjai nomor 7 tahun 2021 dan Permendikbud nomor 1 tahun 2021 tentang mekanisme PPDB.

    Bukan hanya sekolah berstatus negeri, akan tetapi aturan zonasi ini juga berlaku bagi sekolah swasta yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Sinjai.

    “Kalau tahun lalu hanya sekolah negeri yang kita atur, tapi mulai tahun ini sekolah swasta juga kita terapkan sistem zonasi supaya asas keadilan bagi semua satuan pendidikan bisa terwujud,” jelasnya.

    Mantan Kepala Kantor Kesbangpol ini berharap agar aturan zonasi ini bisa dipahami oleh orang tua siswa sebab menurutnya, tidak ada lagi perbedaan antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.

    “Kami pastikan bahwa semua sekolah sudah dijaminkan kualitasnya melalui akreditasi. Jadi kualitasnya semua sekolah sama dan semoga orang tua siswa dapat memahami aturan ini,” harapnya.

    Selain sistem zonasi dengan persentase minimal 70% untuk sekolah SD dan SMP minimal 50%, PPDB tahun ini juga menerapkan tiga jalur yakni jalur afirmasi minimal 15 %, perpindahan tugas orang tua siswa maksimal 5 % dan jalur prestasi untuk sekolah SMP jika masih ada sisa dari ketiga jalur lainnya.

    Jefriyanto menambahkan bahwa seluruh siswa baru mulai dari tingkat SD hingga SMP baik negeri maupun swasta akan mendapatkan bantuan seragam gratis dan perlengkapan sekolah lainnya dari Pemkab Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts