spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPemkab Sinjai Paparkan Inovasi 'Madeceng', Upaya Turunkan Stunting

    Pemkab Sinjai Paparkan Inovasi ‘Madeceng’, Upaya Turunkan Stunting

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    MAKASSAR, – Inovasi ‘Madeceng’ (Masyarakat Desa Kelurahan Cegah Stunting) merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dalam percepatan penurunan stunting (gizi buruk).

    Dalam percepatan penurunan stunting, didalamnya terdapat kolaborasi lintas sektor antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa/Kelurahan, kader PKK, Posyandu tenaga kesehatan, Kader Pembangunan Manusia (KPM) serta semua pihak terkait lainnya.

    Pelaksanaan inovasi Madeceng ini telah dilakukan sepanjang 2021 yang dipaparkan oleh Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong pada Aksi Konvergensi Lintas Sektor dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Mahoni Hall Hotel Claro Makassar, Jumat (20/05/2022).

    “Tadi telah kita paparkan inovasi Madeceng sebagai upaya pemerintah daerah dalam menurunkan stunting di Sinjai. Alhamdulillah tim panelis tertarik dengan inovasi kita, mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi untuk terus mengupayakan penurunan stunting,” ujarnya.

    Sebagai gambaran, dalam penanganan stunting ada 8 aksi yang telah dilakukan oleh Pemkab Sinjai. Diantaranya analisis situasi, penyusunan rencana kegiatan, rembuk stunting.

    Kemudian juga harus didukung dengan Peraturan Bupati (Perbup) tentang peran desa/kelurahan yang kini telah disusun dan tertuang dalam Perbup Nomor 40 Tahun 2021 tentang pencegahan dan penanganan stunting di daerah.

    Selanjutnya pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang kini telah terbentuk di 67 desa dan 13 kelurahan se-Kabupaten Sinjai.

    Hal pendukung lainnya yakni sistem manajemen data, pengukuran dan publikasi data stunting, serta review kerja tahunan.

    Pada pelaksanaannya Aksi Konvergensi Stunting Tingkat Provinsi Sulsel ini, hadir para pejabat lingkup Pemkab Sinjai.

    Diantaranya Asisten II Setdakab A. Ilham Abubakar, Kepala Dinas Kesehatan dr. Emmy Kartahara Malik, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan H. Kamaruddin, Kepala Dinas Sosial A. Muh. Idnan, Kepala Dinas PMD Hj. A. Hariyani Rasyid.

    Kemudian Kepala Dinas P3AP2KB A. Tenri Rawe, Kepala Dinas Perikanan H. Haris Achmad, Kepala Dinas Peternakan dan Keswan H. Burhanuddin, serta jajaran dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts