spot_img
Thursday, April 18, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTahun Keempat, Bupati ASA Konsisten Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Kepada Warga

    Tahun Keempat, Bupati ASA Konsisten Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Kepada Warga

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat tetap menjadi prioritas utama.

    Dibawah kendali Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di tahun keempat masa kepemimpinannya, pelayanan kesehatan menjadi hal yang sangat penting dalam pemenuhan hak dasar masyarakat.

    Sebab, kesehatan gratis ini dituangkan dalam program unggulan Bupati ASA yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

    Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sinjai, Andi Muh. Idnan, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/5/2022) mengatakan bahwa perhatian Bupati ASA dalam program layanan kesehatan gratis bagi warga Sinjai memang cukup besar.

    Hingga periode Mei 2022, jumlah warga Sinjai yang dibiayai Pemkab Sinjai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sinjai sebanyak 111.987 jiwa. Sedang tanggungan yang bersumber dari APBN sebanyak 92.586 jiwa.

    “Jumlah warga yang ditanggung oleh Pemkab Sinjai dalan BPJS Kesehatan ini tiap tahun meningkat, apalagi tahun ini ada pengurangan jumlah warga yang dbiayai boleh APBN sehingga itu kita alihkan ke BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh APBD Pemkab Sinjai,” ucapnya.

    Besaran anggaran yang dikeluarkan oleh Pemkab Sinjai untuk tanggungan peserta BPJS tahun ini mencapai Rp 46 miliar lebih yang diharapkan bernilai manfaat dan dirasakan oleh masyarakat Sinjai.

    “Ini menyangkut masalah kebutuhan dasar masyarakat sehingga Pak Bupati mengharapkan dengan program BPJS ini, masyarakat Sinjai dapat terlindungi dengan program ini dan tidak ada lagi warga yang tidak terlayani kesehatan hanya karena tidak mampu,” ungkapnya.

    Andi Idnan menambahkan salah satu kelebihan Pemkab Sinjai dalam cakupan layanan kesehatan gratis ini adalah statusnya yang telah mengantongi Universal Health Coverage (UHC), sehingga memudahkan masyarakat dalam pengurusan BPJS gratis.

    “Jadi anggota keluarga yang belum masuk tanggungan dari peserta sebelumnya tidak perlu lagi menunggu 15 hari baru aktif tapi sekarang begitu telah didaftar maka hari itu pula langsung aktif”, jelasnya.

    Sementara itu, Bupati ASA menyampaikan bahwa program kesehatan gratis menjadi salah satu program prioritas sejak di awal pemerintahannya.

    Tujuannya, memberi kepastian jaminan kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap warga Sinjai.

    “Komitmen kami tidak boleh lagi ada masyarakat kurang mampu yang tidak terlayani di fasilitas kesehatan. Olehnya itu jika ada warga yang dirawat namun tidak terdaftar di BPJS kesehatan, cukup dengan memiliki KTP kita bisa didaftarkan menjadi peserta BPJS dalam waktu singkat melalui gerai pelayanan satu pintu yang ada di Rumah Sakit maupun di Puskesmas”, kuncinya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts