Desa Barania Lolos 50 Besar ADWI 2022, Bupati ASA Yakin Berdampak Pada Perekonomian Warga

0
229

SINJAI, – Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai berhasil masuk 50 desa wisata terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Sekaitan dengan hal itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi Desa Barania di ajang tingkat nasional yang diikuti 3.419 desa di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Ungkapan rasa syukur itu diungkapkan Bupati ASA usai mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) secara virtual rencana visitasi yang akan dilaksanakan setelah lebaran Idul Fitri dari ruang kerjanya, Kamis (28/4).

“Alhamdulillah kita bersyukur Desa Barania yang kita ikutkan dalam ajang ini berhasil lolos 50 besar dan akan di visitasi langsung oleh pak Menteri Parekraf,” kata Bupati ASA.

Dia berharap pencapaian ini tidak berhenti sampai disitu saja akan tetapi dijadikan modal untuk lebih mengembangkan desa wisata Barania, apalagi visitasi rencananya akan dilakukan langsung oleh Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

“Mudah-mudahan kedatangan pak menteri nanti untuk melakukan visitasi ada keistimewaan yang didapatkan Desa Barania dan destinasi wisata lainnya seperti bantuan sarana dan prasarana pendukung,” ungkap Alumni Monash Australia University itu.

Selain itu, Bupati ASA meminta dukungan seluruh pihak agar pelaksanaan visitasi kedepan dapat berjalan lancar. Termasuk persiapan matang yang harus dilakukan jelang visitasi.

“Mudah-mudahan nilai kita yang terbaik, sebab visitasi 50 besar ADWI ini akan menjadi daya tarik pengunjung ke depan dan berdampak pada perekonomian masyarakat disekitar Desa Barania,” jelasnya.

Sementara itu, Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan selamat kepada desa wisata terpilih sebagai 50 desa terbaik dalam ajang ADWI tahun 2022.

Momentum ini diharapkan menjadi semangat baru dan menjadi komitmen dari masyarakat desa untuk terus mengembangkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan.

“Selamat kepada 50 desa wisata yang lolos, semoga pengelola desa wisata tetap semangat terus menggali potensi daya tarik wisata dan produk ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Sandiaga yakin visitasi yang akan dilaksanakan ke depan ini akan menjadi ajang promosi bagi 50 desa wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan meningkatkan omzet penjualan produk Ekonomi kreatif.

“Saya akan turun langsung melakukan visitasi didampingi sejumlah tim penilai dan teman-teman Kemenparekraf. Saya berharap momentum ini menjadi perhatian khusus bagi kita semua dalam meningkatkan SDM di Desa wisata,” jelasnya.

Turut mendampingi Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dalam Bimtek ADWI 2022 secara virtual adalah Asisten Pembangunan dan perekonomian Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar, Asisten Administrasi Umum Haerani Dahlan serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, Drs. Yuhadi Samad. (Tim Website)

Previous articleDua Inovasi Pemkab Sinjai Lolos Seleksi Administrasi Kompetisi Pelayanan Publik Tahun 2022
Next articleTemui Bupati ASA, Kepala Kemenag Sinjai yang Baru Dukung Penuh Program Keagamaan Pemkab Sinjai