Home Berita Barania Lolos 50 Besar Desa Wisata ADWI 2022, Kadisparbud Sinjai: Menunggu Visitasi...

Barania Lolos 50 Besar Desa Wisata ADWI 2022, Kadisparbud Sinjai: Menunggu Visitasi Pak Menteri

0

SINJAI, – Prestasi gemilang diukir Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai, lantaran berhasil masuk kurasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Di Sulawesi Selatan, hanya terdapat empat Desa Wisata yang lolos dalam ajang tingkat nasional ini yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Pengumuman kurasi 50 besar desa Wisata ADWI 2022 dilaksanakan pada Selasa (26/4) malam.

“Alhamdulillah pengumuman tadi malam Desa Barania masuk kurasi 50 besar desa wisata,” kata Kepala Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Sinjai, Yuhadi Samad, Rabu (27/4)

Tahapan selanjutnya kata Yuhadi ke depan adalah kunjungan atau visitasi Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama tim untuk menilai tujuh indikator yang wajib dipenuhi sebagai desa wisata berkembang.

Ketujuh indikator tersebut di antaranya daya tarik pengunjung, home stay, Souvernir, digital dan kreatif, toilet umum, kelembagaan desa wisata, Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE).

“Tahap ini nanti penilaian yang menentukan juara ADWI 2022, jadi ini tahapan terakhir,” sambungnya.

Atas raihan prestasi ini, Yuhadi menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) atas dukungan dan arahannya terkait keikutsertaan Desa Barania di ADWI 2022.

Termasuk kepada seluruh pihak yang telah mendukung Desa Barania sebagai salah satu Desa wisata berkembang di Indonesia.

“Terima kasih kepada bapak Bupati atas petunjuk dan arahannya. Semoga sinergi dengan OPD dan stakeholder pariwisata lainnya tetap berjalan dengan baik menghadapi penilaian 50 besar ADWI 2022,” jelasnya.

Sebelumnya ADWI 2022 diikuti 3.419 desa wisata yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Selama pelaksanaan penilaian, Desa Barania terus melangkah ke tahap selanjutnya mulai kurasi 500 besar, kurasi 300 besar, kurasi 100 besar dan terakhir kurasi 50 besar. (Tim Website)

Exit mobile version