spot_img
Friday, April 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDisdik Sinjai Dorong Pelajar Menabung Sejak Dini

    Disdik Sinjai Dorong Pelajar Menabung Sejak Dini

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Menabung sejak dini adalah hal yang perlu ditanamkan dalam diri seseorang terutama sejak dini guna menghindari sikap boros.

    Dengan menyisihkan uang untuk menabung, maka anak-anak akan belajar salah satu konsep dasar pengelolaan keuangan yang akan sangat bermanfaat jika dibudayakan hingga mereka dewasa.

    Hal inilah yang terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Sinjai dengan mendorong setiap siswa untuk memiliki tabungan di bank.

    Program yang diberi nama One Student One Account (OSOA) atau Satu Rekening Satu Pelajar, juga merupakan salah satu program strategis Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Sinjai dalam mendukung peningkatan inklusi dan literasi keuangan di Kabupaten Sinjai.

    Kepala Disdik Sinjai A. Jefriyanto Asapa melalui Kasubag Program Suryani Thahir mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk mendorong kepemilikan rekening tabungan oleh seluruh pelajar secara efektif dan diharapkan pelajar memiliki rekening tabungan sendiri untuk melatih kebiasaan menabung sejak dini.

    “Ini yang terus kita lakukan bagaimana mendorong seluruh siswa SD dan SMP yang ada di Sinjai untuk memiliki buku tabungan untuk membentuk karakter siswa membiasakan diri untuk hemat dan menyisihkan sebagian uang jajan untuk ditabung,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/4/2022).

    Hingga saat ini kata Suryani, jumlah siswa yang sudah memiliki rekening atau buku tabungan di bank sebanyak 11.193 siswa. Jumlah ini terdiri atas siswa SD 7.522 orang dan pelajar SMP sebanyak 3.671 orang.

    Bahkan untuk mendukung program ini, Dinas Pendidikan Sinjai beberapa waktu lalu juga telah melaunching inovasi yaitu “Gerakan Menabung Untuk Berbagi”.

    “Program ini kita dorong siswa untuk menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung dan hasil dari tabungan ini selain untuk keperluan siswa juga sebagian di sisihkan untuk membantu sesama khususnya siswa dan warga kurang mampu yang berada di sekitar sekolah,” jelasnya.

    Program ini sudah diterapkan oleh salah satu sekolah SD yaitu SDN 37 Bua di Tellulimpoe dan akan ditindaklanjuti oleh sekolah lainnya yang ada di Sinjai.(Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts