Home Berita Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan 125 Ton Benih Padi Untuk Petani di Sinjai

Pemprov Sulsel Salurkan Bantuan 125 Ton Benih Padi Untuk Petani di Sinjai

0
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai H. Kamaruddin

SINJAI, – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melepas paket bantuan benih padi untuk 100 ribu lebih hektar sawah untuk Kabupaten/Kota di Sulsel, Jumat pekan lalu.

Benih padi unggul ini dibagikan secara gratis kepada petani di Sulawesi Selatan sebanyak 2,6 juta kg atau 2.600 ton, tak terkecuali petani yang ada di Kabupaten Sinjai.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai H. Kamaruddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/4/2022) mengatakan bahwa petani di Sinjai mendapatkan bantuan benih padi untuk 5 ribu hektar atau jumlah benih 125 ton dari Pemerintah Provinsi Sulsel.

“Alhamdulillah program benih mandiri dari Pemrov kita dapat alokasi untuk 5 ribu hektar, namun untuk tahap pertama ini baru 3 ribu hektar atau 75 ton benih padi yang disalurkan dan sebagian sudah sudah diterima oleh petani kita,” jelasnya.

Untuk penyaluran 75 ton benih padi tahap pertama ini diperuntukkan untuk 45 gapoktan (gabungan kelompok tani) yang tersebar di 8 kecamatan yang ada di Sinjai,” ungkapnya.

Olehnya itu, ia mewakili Pemerintah Kabupaten dan Petani Sinjai menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulsel yang telah memberikan perhatian melalui program ini.

“Semoga semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan betul petani kita sehingga bisa meningkatkan produksi dan produktivitas padi kita untuk musim tanam padi berikutnya,” harapnya.

Adapun varietas benih padi yang diterima adalah inpari 32, inpari 42, ciherang dan mekongga. Selain benih padi, Petani Sinjai juga akan mendapatkan bantuan bibit kakao dengan luas lahan 944 hektar.

Kamaruddin menambahkan, program kemandirian benih ini juga merupakan salah satu program Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) tahun ini melalui penangkaran benih sehingga pihaknya ke depan selain benih sebar, Pemprov Sulsel juga dapat memberikan bantuan benih pokok dalam rangka pengembangan perbenihan di Sinjai. (Tim Website)

Exit mobile version