spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDorong Pembelajaran Kekinian, Kemendikbud Apresiasi Disdik Sinjai

    Dorong Pembelajaran Kekinian, Kemendikbud Apresiasi Disdik Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) Republik Indonesia mengapresiasi upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai dalam mengembangkan dan mendorong pembelajaran kekinian.

    Hal itu dikemukakan Kepala Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Kemendikbud, Oherella Erma saat ditemui usai menjadi pemateri pada pelatihan podcast dan audio cinematic sebagai media pembelajaran kekinian, di Aula Wisma Sanjaya, Jumat (22/4/2022).

    “Rasanya pelatihan ini berhasil karena keinginan untuk mewujudkan sebuah media selain media video, karena ini kan terkait dengan media audio yang ingin dibuat terutama nanti akan mengarah ke podcast,” ungkapnya.

    Kabupaten Sinjai kata Oherella dengan guru-guru yang sudah sangat melek dengan IT, sehingga diharapkan hal tersebut dapat menjadi media dalam menumbuh kembangkan pembelajaran ke depan.

    “Saya dengar mereka sudah mengikuti beberapa pelatihan terkait dengan media dan ini merupakan hal baru. Saya yakin mereka akan mewujudkan itu dan saya juga percaya penuh bahwa ada keinginan dari mereka untuk mengembangkan podcast di masing masing sekolah. Bagi saya ini sangat luar biasa, tinggal menunggu hasilnya seperti apa,” ujarnya.

    Olehnya itu, dia berharap pelatihan tersebut tidak hanya sampai disini, tetapi ada upaya ke depan untuk melakukan pelatihan lanjutan, walau itu dilaksanakan melalui daring.

    “Harapannya mereka ini bisa mewujudkan merdeka belajar, saya yakin ketika mereka bisa menciptakan media-media baik itu tv, audio dan video, bahkan bisa menciptakan media yang lebih inovatif, maka mereka bisa berkontribusi yang juga akan dinikmati oleh guru-guru di seluruh lndonesia,” imbuhnya.

    Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa menuturkan bahwa, pelatihan tersebut dilaksanakan mengingat pada tahun 2023 Kabupaten Sinjai sudah masuk sekolah bergerak yang dicanangkan Menteri Pendidikan.

    “Otomatis pelaksanaan sekolah bergerak ini, salah satu item yang harus kita siapkan di daerah bagaimana media pembelajaran secara digitalisasi dikuasai oleh guru-guru kita, makanya kita lakukan pelatihan ini bekerja sama dengan balai pengembangan dari Yogyakarta,” jelasnya.

    Ke depan para peserta, diminta untuk membuat media pembelajaran model audio cinematic berupa file yang nantinya akan dijadikan materi pembelajaran bagi guru-guru di sekolah. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts