Talkshow “Kompetisi Pahlawan Lansia SIAP” Kadis Kesehatan Ungkap Upaya Pemerintah Sukseskan Vaksinasi

0
19

SINJAI, – Pemerintah Kabupaten Sinjai masih menggenjot cakupan vaksinasi, guna menekan potensi penyebaran Covid-19. Masyarakat juga diminta aktif terlibat dalam upaya menyukseskan program vaksinasi tersebut.

Pasalnya, melalui pemberian vaksin, diharapkan terbentuk kekebalan tubuh yang dapat mendukung berjalannya sejumlah aktivitas, sehingga dengan terjaganya sektor kesehatan, sektor lain seperti sosial ekonomi pun diharapkan akan semakin meningkat pergerakannya.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik mengungkapkan bahwa, upaya pemerintah dalam meningkatkan vaksinasi masih terus dilaksanakan.

Bahkan pihaknya juga menerapkan konsep door to door, khususnya bagi sasaran vaksinasi lansia.
Apalagi memang, Lansia merupakan sasaran vaksinasi covid-19 yang saat ini dicanangkan oleh Pemerintah.

“Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan cakupan vaksinasi khususnya bagi lansia dengan terus melakukan edukasi baik itu secara perorangan maupun kelompok kepada sasaran lansia, kemudian melaksanakan vaksinasi secara door to door,” kata dr. Emmy saat menjadi narasumber pada Talkshow di Radio Suara Bersatu FM tentang “Kompetisi Pahlawan Lansia SIAP”, Kamis (21/4/2022) siang.

Dikatakan bahwa, tim vaksinator yang mendatangi sasaran vaksinasi, lantaran keterbatasan lansia untuk mendatangi tempat pelayanan vaksinasi. Selain itu, pihaknya juga melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) dalam melakukan pendampingan vaksinasi.

Selain Kadis Kesehatan, Talkshow ini juga menghadirkan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sinjai dr. Aliawati Albek, mewakili PMI Sinjai Pagga Kantoro serta Dhea Kasdiawati Koordinator Pahlawan Lansia SIAP Sinjai.

Sekedar informasi bahwa, “Kompetisi Pahlawan Lansia SIAP” Project Breakthrough Actions (BA) for COVID-19 dukungan USAID kolaborasi dengan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan RI ini berhadiah menarik. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 11-30 April. Bagi lansia bisa mendaftar langsung di Radio Suara Bersatu FM Sinjai dan di Bagian Kesmas Dinkes Sinjai.

Syaratnya, laki-laki/perempuan berusia 60 tahun, telah mendapat vaksinasi dosis lengkap, memiliki inspirasi untuk menyebarluaskan informasi terkait vaksinasi bagi sesama lansia, berwawasan luas dan mematuhi protokol kesehatan 5M dan tidak merokok.

Pada kompetisi ini, pemenang akan mendapat hadiah menarik dan menjadi duta lansia di berbagai acara sosialisasi vaksinasi Covid-19. (Tim Website)

Previous articlePenggiat Literasi Sinjai Raih Penghargaan di Hari Kartini 2022, Ini Prestasinya
Next articleTudang Sipulung, AMJI-RI Sinjai Komitmen Dukung Program Pemkab