Home Berita Membanggakan, Barania Sinjai Tembus 500 Besar Desa Wisata Se-Indonesia

Membanggakan, Barania Sinjai Tembus 500 Besar Desa Wisata Se-Indonesia

0

SINJAI, – Prestasi membanggakan diukir oleh Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Pasalnya Desa yang terletak di lereng kaki Gunung Bawakaraeng itu berhasil masuk nominasi 500 besar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, Yuhadi Samad, membenarkan hal itu. Dia mengungkapkan Desa Barania berhasil melaju ke tahap penilaian ADWI 2022 selanjutnya setelah lolos 500 besar dari 3.000 Desa wisata se-Indonesia.

“Sudah diumumkan dan Syukur Alhamdulillah Desa Barania perwakilan Kabupaten Sinjai lolos 500 besar ADWI dari 3.000 desa wisata yang ikut di ajang nasional ini,” kata Yuhadi, Kamis (21/4/2022)

Untuk melaju ke tahap ini, menurut Yuhadi cukup sulit sebab bersaing dengan desa wisata lainnya di seluruh Indonesia. Pihaknya pun mengaku telah memaksimalkan penilaian ADWI dengan menggandeng dan berkolaborasi sejumlah pihak baik dari pemerintah desa, pengelola obyek wisata, masyarakat hingga komunitas seperti Masata untuk mengeksplorasi potensi Desa Barania.

“Jadi intinya bahwa tahun ini semakin banyak atraksi-atraksi yang kita kirim sebagai dokumen kelengkapan dan mudah-mudahan itu bisa atau mampu bersaing dengan 500 Desa peserta ADWI 2022 ini karena bagaimanapun juga pasti kompetisinya akan semakin ketat,” pungkasnya.

Terpisah Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menyampaikan dukungan dan apresiasi atas prestasi yang berhasil diukir Desa Barania sebagai salah satu desa wisata terbaik di Indonesia.

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai itu berharap raihan prestasi 500 besar desa wisata menjadi motivasi sehingga dapat kembali melaju ke tahap berikutnya dalam pengembangan desa wisata yang berkelanjutan.

“Mudah-mudahan bisa kembali melaju ke tahap selanjutnya mengharumkan nama Kabupaten Sinjai di kancah Nasional. Terima kasih juga kepada Disparbud dan jajarannya yang senantiasa mendampingi, semoga ini terus berlanjut,” harap Bupati ASA.

Sekadar diketahui selain Kabupaten Sinjai, delapan Kabupaten/kota lainnya juga berhasil meloloskan desa wisata di ajang ADWI 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. (Tim Website)

Exit mobile version