spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaGenjot Produksi Rumput Laut, Pemkab Sinjai Bakal Beri 8 Ton Bibit ke...

    Genjot Produksi Rumput Laut, Pemkab Sinjai Bakal Beri 8 Ton Bibit ke Pembudidaya

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Salah satu program prioritas dan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Andi Seto Asapa (ASA) untuk menunjang kesejahteraan masyarakat adalah melalui peningkatan dukungan terhadap kegiatan budidaya, seperti pengembangan budidaya rumput laut.

    Apalagi, komoditi rumput laut di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah ini sangat potensial untuk dikembangkan dalam rangka mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat.

    Kepala Dinas Perikanan Sinjai, Haris Achmad mengatakan bahwa, rumput laut di Kabupaten Sinjai merupakan salah satu produk unggulan untuk budidaya perikanan. Ada dua jenis yakni dilaut untuk jenis Spinosium dan ditambak jenis Gracilaria.

    “Kalau menurut data potensi rumput laut jenis Spinosium pada tahun 2021 lalu itu sebesar 13 ribu per ton. Sedangkan untuk jenis Gracularia sekitar 33 ribu per ton. Ini terdiri dari beberapa pembudidaya,” kata Haris di ruang kerjanya, Kamis (24/3/2022).

    Menurut Haris, rumput laut sebagai salah satu komoditas unggulan mempunyai prospek pasar yang cukup luas baik di dalam maupun luar negeri.

    Kebutuhan rumput laut sebagai bahan dasar dalam berbagai industri menjadikan komoditas ini mempunyai nilai yang sangat tinggi. Karenanya, produksi rumput laut menjadi salah satu komoditas andalan dalam kegiatan budidaya.

    Oleh karena itu, kata Haris pemerintah memberikan perhatian khusus dalam pengembangan budidaya rumput laut. Setiap tahun pemerintah memberikan sejumlah bantuan berupa benih rumput laut dan sarana budidaya.

    Disamping itu, pemerintah juga terus berupaya melakukan pemberdayaan kepada kelompok pembudidaya serta pendampingan melalui penyuluh perikanan di wilayah masing-masing sehingga mereka dapat meningkatkan produksi hasil budidaya rumput laut.

    “Tahun ini Insya Allah pemerintah akan memberikan bantuan berupa bibit sebanyak delapan paket dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diperuntukkan untuk delapan kelompok di Kecamatan Pulau Sembilan,” jelasnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts