spot_img
Thursday, February 22, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPunya Banyak Manfaat, Tim Verlap Kagumi Inovasi "Papi Limbap" Pemkab Sinjai

    Punya Banyak Manfaat, Tim Verlap Kagumi Inovasi “Papi Limbap” Pemkab Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Inovasi yang dilahirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, yakni Pakan Ternak dari Limbah Batang Pisang atau disebut “Papi Limbap” mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2022.

    Saat dipantau tim verifikasi lapangan (verlap) salah satu Kelompok Tani di Kelurahan Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe, ia mengaku takjub atas inovasi Papi Limbap tersebut.

    Sarwan, salah satu tim panelis/penilai menyampaikan bahwa dirinya baru pertama kali menemukan inovasi yang memanfaatkan limbah batang pisang sebagai pakan ternak sapi.

    Bahkan ia mengaku selama menjadi tim panelis, dirinya belum pernah menemukan inovasi serupa di daerah lain.

    “Semenjak saya jadi panelis, kami baru pertama kali menemukan inovasi ini. Saya menilai ini sangat bagus karena dapat memanfaatkan limbah batang pisang yang banyak potensinya dibandingkan dengan jerami,” ungkapnya kepada tim media, Rabu, (23/03/2022).

    Selain mudah ditemukan kata Sarwan, Papi Limbap ini mempunyai dampak positif yang banyak. Jika limbah batang pisang tidak termanfaatkan, akan berdampak pada kerusakan lingkungan maupun tanaman di sekitarnya.

    Kemudian tingkat berat sapi dengan memakan pakan dari limbah batang pisang dinilai dapat mencukupi standar gizi, sehingga menimbulkan efek peningkatan perekonomian bagi peternak. Sebab akan berdampak pada nilai jual sapi yang tinggi.

    “Saya kira ini nilai tambahnya karena bisa memanfaatkan limbah batang pisang yang terbuang. Ini yang kita harusnya munculkan di tingkat nasional. Mudah-mudahan bisa menjadi top 30 inovasi pelayanan publik,” tandas Sarwan.

    Dalam pelaksanaan verifikasi lapangan inovasi Papi Limbap ini, turut dihadiri Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai, H. Burhanuddin dan jajarannya.

    Juga turut hadir Camat Tellulimpoe, A. Saoraja Arie Lesmana dan Lurah Mannanti, Amiluddin. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts