spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaSekda Sinjai Buka Asistensi Penyusunan LPPD

    Sekda Sinjai Buka Asistensi Penyusunan LPPD

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    MAKASSAR, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mengadakan asistensi data capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah pada data indikator kinerja kunci (IKK).

    Kegiatan ini berlangsung hingga 15 Maret 2022 di Hotel Royal Bay Kota Makassar dan dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Drs Akbar mewakili Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) didampingi Plt Asisten Pemerintahan Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar, Senin (14/3/2022)

    Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setdakab Sinjai, Andi Veronica Amir mengatakan, asistensi ini digelar sebagai salah satu rangkaian dari proses penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Sinjai tahun 2021 yang merupakan salah satu fase yang penting dalam siklus mekanisme penyelenggaraan pemerintah daerah.

    Tujuannya, untuk mengevaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Sinjai tahun anggaran 2021 agar hasil Laporan menjadi lebih terstruktur dan dapat menyajikan sebuah data yang dapat dijadikan ukuran kinerja kerja Pemerintahan Daerah yang diukur dari IKK.

    “Jadi ini tujuannya memperkuat peran serta perangkat daerah dan tim kerja penyusun LPPD sekaligus menyamakan persepsi dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta dalam hal pengisian data IKK LPPD Tahun 2021,” ungkapnya.

    Andi Veronica menyebutkan, asistensi ini digelar berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Permendagri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan PP Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

    Sekda Sinjai, Drs Akbar pada kesempatan itu menyampaikan, LPPD merupakan satu kesatuan hasil pengukuran kinerja pemerintah daerah yang terdiri atas capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dan capaian kinerja pelaksanaan tugas pembantuan.

    Oleh karena itu, asistensi ini dipandang perlu untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun laporan yang dibutuhkan sehingga laporan disampaikan tepat waktu, akurat dan dapat di pertanggung jawabkan sesuai indikator kinerja masing-masing urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah.

    Dia berharap kegiatan asistensi ini menjadi media diseminasi informasi yang efektif, khususnya terkait dengan penyusunan LPPD beserta indikator kinerja, mengidentifikasi dan menginventarisasi permasalahan dan kendala sekaligus menyatukan persepsi sehingga terwujud penyusunan LPPD yang lebih baik.

    “Saya berharap kepada peserta agar mengikuti dan menyimak materi dengan serius agar kedepan dalam penyusunan LPPD tidak terjadi hambatan atau ketidakpahaman OPD dalam penyampaian laporan,” ucap Sekda membacakan sambutan Bupati Sinjai.

    Asistensi data capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah ini diikuti seluruh penanggung jawab data dari masing-masing Organisasi Perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Sinjai.

    Adapun narasumber diantaranya Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah, Ditjen OTDA Kemendagri, Dr. Deddy Winarwan, Kasi Evaluasi Kinerja Wilayah 1A, Ditjen Otda Kemendagri, Parlin Jumianti Siahaan, Pengevaluasi Program dan Laporan Wilayah 1A, Ditjen Otda Kemendagri, Imam Taufik, dan Inspektur Inspektorat Provinsi Sulsel, Andi Fahri. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts