Pulihkan Ekonomi, Pemkab Sinjai Gelar Pasar Rakyat dan Mini Expo UMKM

0
28

SINJAI – Dalam Rangka menyemarakkan Hari Jadi Sinjai Ke 458 tahun, Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar Pasar Rakyat Mini Expo UMKM yang dipusatkan di Lapangan Sinjai Bersatu.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) secara virtual dan dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, Sekretaris Daerah Akbar Mukmin, para Forkopimda, para Kepala OPD serta undangan lainnya bertempat di Lantai 2 Tribun Lapangan Sinjai Bersatu, Minggu sore (27/2/2022).

Ketua Panitia Pelaksana Muh. Saleh dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan ruang bagi masyarakat Sinjai didalam upaya pemulihan ekonomi akibat dampak dari pandemi covid-19 utamanya pelaku usaha dalam hal ini para pedagang dan pelaku industri serta mendorong kemampuan UMKM berinovasi di dalam pengembangan produk-produk yang berdaya saing

Adapun sasaran yang akan dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah menumbuh kembangkan wirausaha yang kuat, efisien, dan berdaya saing yang diharapkan bisa menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Sinjai dan sebagai media promosi dalam meningkatkan akses pasar bagi produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM.

“Pasar Rakyat ini diikuti sekitar 300 peserta dari pelaku usaha, baik pedagang, koperasi maupun pelaku industri termasuk 64 pedagang korban kebakaran Pasar Sentral Sinjai. Para pedagang ini kita gratiskan dari segala pembayaran baik stand maupun listrik” ucap Muh. Saleh yang juga Kadis Perindag dan ESDM Sinjai.

Sementara itu Bupati ASA dalam sambutannya merasa bersyukur Pasar Rakyat ini bisa terselenggara meski di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, kegiatan ini sangat strategis dan taktik jangka pendek agar dagangan rakyat dan UMKM bisa laku sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi pasca keterpurukan akibat pandemi covid-19. 

“Ini adalah upaya kita membantu memulihkan ekonomi warga, terutama UMKM termasuk di dalamnya pedagang pasar Sentral Sinjai. Apalagi ini sejalan dengan program Pemerintah Pusat yaitu upaya untuk memulihkan kondisi ekonomi saat ini,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Sinjai ini juga berharap Pasar Rakyat ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dalam rangka menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat.

“Mudah-mudahan adanya Pasar Rakyat ini bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat dan kami harap pelaksanannya berlangsung lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” harapnya.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga tanggal 13 Maret 2022 ini, Pemkab Sinjai melibatkan Himpunan Pedagang Sentral Sinjai (HPS2) selaku panitia pelaksana. (Tim Website)

Previous articleBupati ASA Beberkan Pertumbuhan Ekonomi Sinjai Tahun 2021
Next articleMerasa Diberikan Ruang Bangkitkan Ekonomi, Pedagang ini Berterima Kasih ke Bupati ASA