spot_img
Wednesday, April 24, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPenguatan Kapasitas, IBI Sinjai Gelar Pelatihan Midwifery Update

    Penguatan Kapasitas, IBI Sinjai Gelar Pelatihan Midwifery Update

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan Midwifery Update (MU) angkatan I, Jumat (18/2/2022) di Aula Gedung Pertemuan PKK Sinjai.

    Kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta. Para peserta merupakan bidan yang bertugas di puskesmas, rumah sakit dan klinik yang ada di Kabupaten Sinjai. Pelatihan tersebut dilaksanakan hingga 20 Februari mendatang.

    Tujuannya, untuk mengupdate ilmu-ilmu kebidanan yang terbaru, agar seluruh bidan tetap kompeten dan profesional sehingga dapat memberikan pelayanan berkualitas terhadap kesehatan ibu dan bayi ditempat tugas masing-masing.

    Ketua IBI Cabang Sinjai, Hj. Ratnawati Muin mengatakan bahwa, saat ini masalah kesehatan ibu dan anak merupakan masalah krusial di Indonesia karena masalah tersebut merupakan salah satu indikator kesejahteraan bangsa.

    Sehingga, untuk menurunkan AKI dan AKB, salah satunya dengan asuhan kebidanan yang berkesinambungan sehingga komplikasi selama kehamilan, sampai masa nifas dapat terdeteksi sedini mungkin. Hal tersebut tentu harus didukung oleh SDM yang berkualitas.

    “Salah satu upaya untuk mendapatkan SDM yang berkualitas yaitu dengan mengikuti pendidikan yang berkelanjutan, pelatihan-pelatihan yang terkait dengan peningkatan mutu profesi, sehingga pelayanan kebidanan yang diberikan lebih berkualitas,” ungkapnya.

    Lebih lanjut Ratnawati mengatakan, era yang selalu berkembang disertai dengan persaingan global membutuhkan bidan yang berwawasan dan berpendidikan yang memenuhi standar global, sehingga pengembangan SDM bidan bisa secara komprehensif, berjenjang dan berkesinambungan.

    “Bidan membutuhkan pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang selalu update serta mampu beradaptasi dengan perkembangan IPTEK/kebijakan terbaru,” kuncinya.

    Dengan begitu, Ratnawati berharap setelah pelaksanaan pelatihan Midwifery Update ini, bidan-bidan dapat meningkatkan keilmuan, keterampilan dan kompetensinya sehingga bisa memberikan pelayanan kebidanan yang paripurna kepada masyarakat.

    Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Aliawati Albek mengapresiasi pelaksanaan Midwifery Update yang dilaksanakan oleh IBI Kabupaten Sinjai.

    “Secara pribadi maupun dari Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam hal ini Dinas Kesehatan sangat mengapresiasi karena kita tahu bahwa Bidan itu harus merefresh apa pun yang ada, baik itu ilmu pengetanuan, keterampilan maupun kemampuan yang sudah ada,” ujarnya saat membuka kegiatan itu.

    Dikatakan bahwa, persaingan global senantiasa membutuhkan SDM yang berkualiatas, sehingga diharapkan IBI Sinjai bisa komprehensif, berjenjang, dan berkesinambungan.

    “Dalam pelatihan ini kami berharap bidan-bidan dapat meningkatkan keilmuan, keterampilan dan kompetensi sehingga pelayanan kebidanan kedepan semakin bagus,” ujarnya.

    Pelatihan ini menghadirkan narasumber yakni, Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Sinjai, drg. Fatwamati Yusuf, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Sinjai dr. Aliawaty Albek, Kabid KB, ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DP3AP2KB Herniwati, dan Ketua IBI Sinjai Hj. Ratnawati Muin. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts