Bupati ASA Apresiasi Pesantren Mampu Berdaya Mandiri

0
89

SINJAI, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai Haerani Dahlan menghadiri acara panen buah semangka yang bertempat di kebun yang berada di kawasan Pondok Pesantren Darul Istiqamah Puce’e Kecamatan Sinjai Selatan, Minggu (13/2/2022).

Panen ini dihadiri oleh Wakapolres Sinjai Kompol Joko Sutrisno, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai Kamaruddin, Kepala Dinas PUPR Sinjai A. Taufiq Saleh, Camat Sinjai Selatan Andi Hadi, Ketua Baznas Sinjai Ahmad Muzakkir, pimpinan Pesantren Darul Istiqamah Puce’e Ahmad Hafidz serta unsur tripika kecamatan.

Haerani Dahlan dalam sambutannya menyampaikan pesan Bupati ASA bahwa Pemerintah memberi apresiasi terhadap Ponpes Puce’e yang mampu berdaya secara mandiri, membangun ekonomi pesantren dari pertanian dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki.

‚ÄúPemerintah tentu sangat mengapresiasi dan selalu berupaya membantu mendorong pesantren untuk mampu berdaya secara mandiri dalam memenuhi kebutuhan warga pesantren,” ucap Haerani.

Ia menjelaskan, jika semakin banyak pesantren yang ikut serta dalam program ini tentu juga dapat berkontribusi lebih besar membantu Pemkab dalam meningkatkan produksi pertanian.

“Mudah-mudahan dengan adanya hasil kebun ini bisa memenuhi kebutuhan pesantren dan juga bisa meningkatkan ekonomi warga pesantren sehingga ke depan bisa lebih mandiri,” jelasnya.

Kepala Dinas terkait dalam hal ini Dinas TPHP, Bupati ASA berpesan, untuk terus melakukan pendampingan kepada warga pesantren dan mendukung apa yang menjadi kebutuhannya.

Sebagai bentuk apresiasi, dalam kesempatan tersebut Bupati ASA menitipkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 1 juta rupiah untuk pengembangan produk semangka di kawasan tersebut serta memberikan bantuan 10 pohon bibit durian.

Selain melakukan panen semangka, di kebun ini juga dilakukan penanaman benih jagung manis dan jagung kuning.

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Sinjai Kamaruddin mengungkapkan bahwa kebun ini bisa menghasilkan tanaman hortikultura yang organik dan sehat.

Di kebun ini katanya, juga berpotensi untuk pengembangan ternak sehingga kawasan ini bisa dijadikan sebagai pengembangan pertanian terpadu.

“Kami terus akan bekerjasama dengan pondok pesantren baik itu dalam pendampingan maupun apa yang menjadi kebutuhan dari Pesantren untuk bisa dikembangkan di kawasan ini,” tambahnya. (Tim Website)

Previous articlePeduli, Dinsos Sinjai Bantu Korban Kebakaran di Samaenre
Next articleWakili Bupati ASA, Asisten Administrasi Umum Hadiri Munaqasyah di Ponpes Darul Istiqamah Puce’e