spot_img
Friday, April 26, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPengelolaan Secara Modern Jadi Solusi Penanganan Sampah di Sinjai

    Pengelolaan Secara Modern Jadi Solusi Penanganan Sampah di Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Untuk mengatasi permasalahan sampah, Pemkab Sinjai melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) mengajak masyarakat untuk mengelola sampah secara mandiri.

    Jika sampah dikelola dengan baik maka akan menghasilkan barang yang bernilai ekonomis. Demikian sebaliknya jika sampah tidak bisa dikelola dengan baik maka volume sampah akan semakin besar. Hal ini disampaikan oleh Kepala DLHK Sinjai H. Muh. Ramlan Hamid saat ditemui di Ruang Kerjanya, Jumat (11/2/2022).

    “Sampah ini bisa menghasilkan energi baru dan pupuk ketika dikelola dengan baik serta bisa bernilai ekonomis jika dilakukan pengolahan di tingkat rumah tangga. Untuk itu kami harap warga bisa melakukan pengolahan sampah secara mandiri, ” jelasnya.

    Dijelaskan bahwa Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi volume sampah dengan pengelolaan sampah secara modern dan ramah lingkungan.

    Salah satu upaya yang dilakukan dengan pemanfaatan sampah organik menjadi kompos di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan di Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R), pengolahan limbah tahu/tempe dengan menggunakan IPAL serta pemanfaatan bank sampah.

    “Ini sudah menjadi program strategis dari Bapak Bupati yang tertuang dalam RPJMD. Bagaimana pengolahan sampah bisa dimaksimalkan sehingga volume sampah yang dibuang di TPA bisa berkurang, ” kata Ramlan.

    Ramlan mengakui TPA yang berada di Tondong saat ini kapasitasnya hampir penuh sehingga Pemkab Sinjai saat ini sementara mempersiapkan lokasi baru untuk TPA yang lebih bagus dan representatif.

    “Beberapa tahun kedepan TPA disana sudah over kapasitas sehingga kami akan siapkan lahan baru yang lebih bagus. Beberapa tempat kita sudah lakukan survei dan kita butuh luasnya sekitar 10 hektar,” tambahnya.(Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts