spot_img
Wednesday, April 24, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBegini Upaya Dinsos Sinjai Tangani Warga Biringere yang Tinggal di Gubuk

    Begini Upaya Dinsos Sinjai Tangani Warga Biringere yang Tinggal di Gubuk

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Warga yang tinggal di sebuah gubuk di Jalan Bulo-Bulo Barat, Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara akan mendapatkan penanganan lebih lanjut oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.

    Melalui Dinas Sosial (Dinsos), Pemkab akan mengupayakan langkah demi memperbaiki nasib Saharuddin dan istrinya bernama Timang, serta anaknya yang masih balita ini.

    “Menyangkut masalah nasib pak Saharuddin, kebetulan teman-teman dari Kementerian sosial datang di sini, bagaimana mencoba mengupayakan langkah agar keluarga ini bisa mandiri,” ungkap Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sinjai, A. Muhammad Idnan saat berkunjung langsung ke tempat tinggal warga yang bersangkutan, Jumat, (11/02/2022).

    Setelah berkonsultasi dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), Andi Idnan berencana akan memfasilitasi Saharuddin dan keluarga untuk mendapatkan pemberdayaan berupa pelatihan keterampilan kerja.

    Opsi pertama sebenarnya kita ingin mengontrakkan rumah dan memberikan modal usaha, tapi pekerjaan yang bisa digelutinya hanya sebagai pengepul barang bekas. Kami berkonsultasi dengan teman-teman dari kementerian sehingga ada opsi kedua dengan mencoba mengajak pak Saharuddin bersama keluarganya ke Makassar untuk diberikan pelatihan kerja,” jelasnya.

    Hal itu kata dia, dinilai sebagai cara tepat yang dilakukan sehingga keluarga tersebut tidak lagi bergantung belas kasihan orang lain.

    “Kita tidak melihat dari sisi kebutuhan hidup sehari-harinya, karena kalau ini yang dilaksanakan (memberikan bantuan sembako) untuk bulan berikutnya, siapa lagi yang akan memberikan bantuan kepada mereka ini,” cetusnya.

    Andi Idnan menyambung perkataannya, “Kita masih menunggu kesiapannya pak Saharuddin. Kalau beliau siap ke Makassar, mungkin kita langsung pindahkan kependudukannya untuk sementara ke Makassar,” pungkasnya.

    Saat melihat kondisi gubuk tempat tinggal Saharuddin, Andi Idnan bersama jajaran Dinsos bersama pihak Kemensos RI memberikan bantuan sembako untuk kebutuhan sehari-hari yang dapat digunakan selama sebulan.

    Informasi lebih lanjut, berdasarkan keterangan Lurah Biringere, A. Mudzil Djalil yang turut hadir mendampingi Kadinsos Sinjai, bahwa keluarga tersebut tidak memiliki tempat tinggal yang jelas.

    “Sebelumnya beberapa tahun lalu, pernah tinggal di Pattalasang Kecamatan Sinjai Timur, kemudian berpindah di Jalan Bulukunyi Kelurahan Balangnipa. Pernah juga tinggal sementara di Jalan Wolter Monginsidi Kelurahan Biringere, dan saat ini berada di Jalan Bulo-Bulo Barat. Di sini baru sebulan tinggalnya,” cetusnya.

    Saharuddin diketahui bekerja sebagai pengumpul barang bekas seperti plastik dan kardus. Serta memelihara kambing milik warga. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts