2022, Pemkab Akan Bantu Petani 10 Ton Benih Kentang

0
64

SINJAI, – Upaya pembangunan di sektor pertanian, khususnya pengembangan komoditi Kentang kembali menjadi salah satu kegiatan prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai di bawah kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai, H Kamaruddin mengatakan, tahun 2022 ini pengembangan komoditi Kentang di Sinjai terus berkesinambungan berupa bantuan benih Kentang berkualitas.

Bantuan pengembangan komoditi Kentang melalui program “Kampung Kentang” ini diperuntukkan bagi petani Kentang di daerah Kecamatan Sinjai Barat. Totalnya 10 ton benih Kentang.

“Tahun lalu 10 ton benih Kentang dan Alhamdulillah tahun ini dapat 10 ton lagi,” ucap Kamaruddin disela panen perdana Kentang di di Dusun Tassoso, Desa Gunung Perak, Kamis (10/2/2022)

Kamaruddin menambahkan, bantuan ini berasal dari Direktorat Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia berkat koordinasi dan komunikasi yang intens dilakukan Pemkab Sinjai.

“Jadi ini berkat usaha yang dilakukan pak Bupati (ASA) di Kementerian. Syukur Alhamdulillah tahun ini ada lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, pengembangan tanaman Kentang memiliki prospek yang cukup besar dan ternyata mampu mendongkrak tingkat pendapatan petani.

Apalagi di dukung dengan ketersediaan lahan yang cukup luas di Kecamatan Sinjai Barat, membuat pengembangan komoditi Kentang sangat menjanjikan.

“Syukur Alhamdulillah, tahun ini kita kembali mendapatkan alokasi bantuan benih dari Kementerian. Kita akan terus berkoordinasi mengenai kawasan kampung Kentang ini sehingga bisa menjadi percontohan nasional,” jelasnya.

Kendati demikian, Bupati ASA tetap berharap petani bisa mandiri sehingga tidak lagi mengandalkan bantuan benih yang kadang jumlahnya terbatas.

Hasil panen perdana Kampung Kentang sendiri cukup berhasil. Dari luas area lahan satu hektare, mampu menghasilkan 17 -23 ton Kentang siap jual dan konsumsi. Sedang potensi lahan pengembangan komoditi Kentang di Sinjai Barat mencapai 70-100 hektare lebih. (Tim Website)

Previous articleASN Pemkab Sinjai Akan Jajal Kemampuan di Turnamen Futsal, Meriahkan HJS Ke-458
Next articleIni Langkah Kesbangpol Sinjai Ciptakan Pilkades yang Kondusif