spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPenuhi Keinginan Warga, Dinas PUPR Akan Bangun Irigasi Pertanian di Sinjai

    Penuhi Keinginan Warga, Dinas PUPR Akan Bangun Irigasi Pertanian di Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah kendali Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bakal membangun dua buah irigasi baru di Kecamatan Bulupoddo dan Sinjai Tengah.

    Pembangunan irigasi baru tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Sinjai dalam meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah kecamatan tersebut.

    Kedua irigasi ini akan menelan anggaran sebesar Rp19 miliar lebih. Letaknya Daerah Irigasi (DI) Lamole Desa Lamatti Riattang, kecamatan Bulupoddo dengan anggaran Rp7 miliar dan DI Teko Desa Mattureng Tellue, kecamatan Sinjai Tengah Rp4,1 miliar lebih.

    “Untuk tahun ini ada pembangunan irigasi baru, ada juga rehabilitasi irigasi jumlahnya sembilan paket,” ungkap Pejabat Fungsional Pelaksana Pengelola SDA Bidang PSDA Dinas PUPR Sinjai, M. Ridwan Jaya saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (21/1/2022)

    Ridwan menambahkan, pembangunan irigasi baru sangat penting berdasarkan kajian Balitbangda kerja sama tim Unhas Makassar dalam pengembangan potensi pertanian.

    Tujuannya tidak lain untuk mengairi sawah tadah hujan atau lahan yang kering dan tidak di olah karena kekurangan air sehingga irigasi ini bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian yang ada disekitar.

    “Sekarang kita tahap sosialisasi, Insya Allah paling lambat bulan April 2022 sudah tender dan sudah bisa jalan pembangunannya,” sambungnya.

    Sedang sembilan paket daerah irigasi lainnya yang akan direhabilitasi, kata Ridwan, tersebar di empat kecamatan seperti Sinjai Tengah Sinjai Barat, Tellulimpoe dan Kecamatan Sinjai Selatan.

    Jaringan irigasi yang dimaksud seperti DI Kalamisu Kanan Sinjai Tengah Rp960 juta, DI Maroanging Desa Bonto Sinjai Tengah Rp840 juta, DI Lembang Lohe Tellulimpoe Rp1,2 miliar, DI Pattongko Tellulimpoe Rp850 juta.

    Kemudian DI Sampaga Era Baru Tellulimpoe Rp645 juta, DI Mallembong Tellulimpoe Rp700 juta, DI Toribi Kalobba Tellulimpoe Rp540 juta, DI Demme Talle Sinjai Selatan Rp525 juta dan DI Arango II Sinjai Barat Rp1,195 miliar lebih.

    “Kalau di total anggaran semuanya Rp19 miliar lebih. Jumlah anggaran kita ini kembali yang tertinggi di Sulsel sejak tiga tahun terakhir. Ini juga tidak terlepas dari peran serta pak Bupati (ASA Red) selaku pimpinan dan pak Kadis yang terus mengarahkan kita semua,” Kuncinya.

    Sebelumnya, Kepala Bappeda Sinjai juga membeberkan rencana pembangunan dua irigasi baru ini usai menghadiri rapat kerja bersama Komisi III DPRD Sinjai pada Rabu 19 Januari 2022 lalu.

    “Jadi ada dua pembangunan irigasi akan kita bangun masing-masing berada di kecamatan Bulupoddo dan Sinjai Tengah, anggarannya Rp19 miliar lebih,” ungkapnya.

    Sebagai gambaran, jumlah irigasi yang telah direhabilitasi dinas PUPR Sinjai selama tiga tahun terakhir sebanyak 32 Irigasi dengan total anggaran Rp48,14 miliar lebih. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts