Ketua Komisi I DPRD Sinjai Harap OPD Mitra Lebih Komunikatif

0
52

SINJAI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memiliki kedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah, hal ini diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana DPRD memiliki fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Olehnya iu perlu adanya kolaborasi yang baik antara DPRD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga penyelenggaraan urusan pemerintahan bisa berjalan optimal.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Komisi I DPRD Sinjai Fachriandi Matoa saat memimpin rapat kerja bersama mitra OPD bertempat di Ruang Rapat Komisi I DPRD Sinjai, Rabu (19/1/2022).

Fachriandi menjelaskan bahwa sinergitas yang terjalin selama ini bersama 18 OPD yang menjadi mitra kerja dari Komisi I sudah berjalan baik, namun komunikasi dan koordinasi masih perlu ditingkatkan lagi.

“Kolaborasi yang baik antara DPRD dan OPD perlu ditingkatkan sebab kami DPRD merupakan representasi rakyat Sinjai sehingga perlu terjalin sinergitas yang kuat dan komunikasi yang baik. Jika ini berjalan berarti OPD telah menjalankan fungsinya dengan baik sebagai pelayan masyarakat, ” ucapnya.

Menurutnya, selama ini banyak aspirasi yang masuk melalui DPRD sehingga dengan kolaborasi dan komunikasi yang kuat dengan OPD, permasalahan atau aspirasi dari masyarakat bisa segera dicarikan solusi.

Tidak terkecuali dalam hal perencanaan kegiatan, dimana setiap komisi yang ada di DPRD bisa mengetahui setiap program kerja pemerintah sehingga terus dikawal perkembangannya.

“Makanya rapat kerja yang kita lakukan hari ini, kami ingin mengetahui secara teknis pelaksanaan program yang akan dilakukan sehingga kita bisa backup program ini agar berjalan maksimal. Jika ada kendala kami siap carikan solusi” jelasnya.

Politisi Partai Gerindra ini berharap melalui rapat kerja diawal rahun ini, komunikasi lisan lebih ditingkatkan lagi terutama membahas kendala-kendala urusan pemerintahan.

“Sedapat mungkin para OPD bisa terus berkomunikasi dengan kami sehingga jika ada kendala segera bisa dicarikan solusi, termasuk ketika kami dapat aduan aspirasi segera ditindaklanjuti, dengan begitu segala permasalahan yang ada tidak mesti diselesaikan melalui forum atau rapat, ” harapnya.

Dalam rapat kerja yang membahas program kegiatan dari masing-masing OPD ini dihadiri oleh Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, Wakil Ketua, Sekretaris dan Anggota Komisi I DPRD Sinjai serta OPD mitra masing-masing Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (BKPSDMA), Bagian Organisasi Setdakab dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai.(Tim Website)

Previous articleDorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Sinjai Maksimalkan Potensi Daerah
Next articleCegah Stunting, DP3AP2KB Sinjai Bentuk Tim Pendamping Keluarga di Desa dan Kelurahan