Terkait Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Ini Penjelasan Kadinkes Sinjai

0
207

SINJAI – Pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada bulan Desember 2021 lalu telah memulai program penyuntikan vaksin Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun. Targetnya adalah 26,5 juta anak dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Kendati demikian, di Kabupaten Sinjai vaksinasi bagi anak belum dilaksanakan lantaran cakupan vaksinasi bagi lansia belum mencapai 60 persen.

Hal itu dibeberkan Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (6/1/2022).

Dia menjelaskan salah satu syarat untuk melaksanakan vaksinasi bagi anak-anak, vaksin lansia dosis pertama harus mencapai 60 persen.

“Karena masih kisaran 42 persen untuk lansia sehingga belum diberikan vaksin anak-anak usia 6-11 tahun,” jelasnya.

Khusus untuk di Sulawesi Selatan (Sulsel) kata dr. Emmy baru sekitar lima Kabupaten yang saat ini telah memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi bagi anak-anak.

Meski begitu, vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua masih dilaksanakan.

“Memang atas perintah Presiden kita harus memenuhi target 100 persen untuk dosis 1, sementara untuk saat ini baru 69.9 persen dosis 1,” ujarnya.

Disinggung soal vaksinasi dosis ketiga bagi masyarakat umum, sejauh ini kata dia, baru petugas kesehatan yang telah mendapat vaksin dosis ketiga. Pasalnya, belum ada instruksi untuk melaksanakan vaksinasi dosis ketiga.

“Tentu kita akan lakukan, ketika itu sudah diperintahkan pasti kita lakukan,” kuncinya. (Tim Website)

Previous articleBupati ASA Teken Perjanjian Kerja Sama dengan BPN Sinjai
Next articlePENGUMUMAN HASIL SELEKSI KOMPETENSI CALON PPPK GURU TAHAP I SERTA PERSYARATAN KELENGKAPAN ADMINISTRASI CALON PPPK GURU TAHAP I DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SINJAI TAHUN ANGGARAN 2022