Penyederhanaan Birokrasi, Bupati Sinjai Lantik Ratusan Pejabat Struktural Jadi Fungsional

0
183

SINJAI, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) melantik dan mengambil sumpah jabatan administrator, pengawas dan penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Sedikitnya 273 pejabat yang dilantik. Masing-masing 269 penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional dan 1 orang pengawas, 2 orang eselon IIIB, serta 1 orang eselon IIIA

Ratusan pejabat tersebut dilantik di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Jumat (31/12/2021) malam.

Dalam sambutannya, Bupati ASA menyampaikan selamat kepada para pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya.

Kata dia, pelantikan ini dilaksanakan dalam rangka penataan organisasi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Selain itu, Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 76 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian Pejabat pada Unit Kerja yang menangani urusan administrasi kependudukan di Provinsi dan Kabupaten/Kota dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 17 tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

Kemudian, surat Menteri Dalam Negeri Nomor 800/8833/OTDA Tanggal 31 Desember 2021 Perihal Persetujuan Penyetaraan Jabatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang bertujuan untuk menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional sebagai upaya peningkatan efektifitas dan efesiensi dalam rangka mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik.

“Hari ini merupakan puncak dari seluruh transformasi jabatan struktural ke dalam jabatan fungsional sebagaimana kebijakan Bapak Presiden terkait dengan reformasi birokrasi, ini merupakan peluang yang besar untuk bekerja sesuai dengan kompetensi, lebih produktif, inovatif dan jenjang karir yang luas dengan mengedepankan kompetensi,” ungkapnya.

Dengan begitu, melalui penyetaraan ini diharapkan mampu mengubah kultur birokrasi menjadi lebih baik dalam penyelenggaraan tugas dan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Kepada para pejabat yang baru saja dilantik hari ini saya berharap untuk memaknai transformasi ini dengan positif dan memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya untuk bisa mengembangkan potensi diri dan karir hingga ke tingkat yang lebih tinggi, dan memiliki motivasi yang lebih besar dalam meningkatkan keterampilan, kompetensi dan kinerjanya,” ujarnya.

Bupati ASA juga menekankan kepada pejabat yang baru saja dilantik untuk mendorong terlaksananya berbagai kebijakan Pemerintah Kabupaten Sinjai, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini disaksikan Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, Sekda Sinjai Akbar, Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin serta pimpinan Forkopimda. (Tim Website)

Previous articleBerkat Upaya Bupati ASA, 8 Pokdakan di Sinjai Terima Bantuan Pakan Ikan
Next articleCakupan Vaksinasi di Sinjai Versi KPCPEN Capai 74,89 Persen