spot_img
Thursday, March 28, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBupati ASA Launching Inovasi Pelayanan Publik Smart Kampung dan Gerai Panrita

    Bupati ASA Launching Inovasi Pelayanan Publik Smart Kampung dan Gerai Panrita

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Dua inovasi pelayanan publik di Kabupaten Sinjai, dilaunching Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa di pendopo rumah jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, Kamis malam (30/12/2021)

    Adalah Smart Kampung dan Gerai pelayanan perizinan terdepan (Gerai Panrita). Kedua layanan ini merupakan program unggulan Bupati Sinjai dalam meningkatkan pelayanan publik.

    Smart Kampung misalnya, mencakup pengembangan website desa yang dapat menjadi sumber informasi publik bagi masyarakat, bahkan menjadi bagian dari pelayanan administrasi yang berbasis digital atau online.

    Aplikasi tersebut juga dapat menjadi rujukan bagi masyarakat di luar desa untuk mengetahui potensi desa yang ada, bahkan dapat menjadi media promosi produk unggulan yang ada.

    “Jadi saat ini sudah 22 desa yang telah memiliki website dalam mendukung program smart kampung dalam rangka peningkatan ekonomi desa, baik dari sektor pertanian, peternakan dan UMKM lainnya,” ungkap Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan.

    Sedang Gerai Panrita merupakan aplikasi yang dihadirkan dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan motto “Lebih Dekat, Lebih Cepat” dengan tujuan memberikan kemudahan dan mendekatkan layanan perizinan bagi masyarakat.

    Gerai Panrita juga memberikan transparansi dalam proses perizinan berusaha dan perizinan non berusaha sehingga pemohon dapat melihat proses perizinannya sampai selesai di gerai terdekat.

    “Jadi ini menjadi solusi terbaik bagi warga atau pelaku usaha yang jauh dari Kota dan membutuhkan izin secara cepat dan gratis karena gerai sudah hadir di 24 Desa dan 6 Kelurahan,” pungkas Kadis Penanaman Modal dan PTSP Sinjai, Lukman Dahlan.

    Usai melaunching, Bupati ASA menegaskan, dua inovasi pelayanan publik ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam hal mendapatkan informasi dan layanan perizinan yang lebih dekat dan cepat.

    “Saya berharap kedua aplikasi ini bisa disosialisasikan dengan baik agar masyarakat tahu dan bisa dimanfatkan dengan baik” ungkapnya.

    Kedepan Bupati ASA meminta aplikasi smart kampung dapat terus dikembangkan sehingga manfaat dari program ini tidak hanya sebatas sebagai sumber informasi saja, namun berfungsi sebagai pelayanan administrasi.

    Sama seperti Smart Kampung, Bupati ASA meminta Gerai Panrita bisa berkembang ke seluruh desa dan kelurahan yang ada sehingga lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat Sinjai.

    “Ini menjadi catatan penting bagi kita dalam peningkatan kualitas layanan publik kita, makanya penting untuk kita kembangkan dan wajib untuk kita laksanakan,” jelasnya.

    Launching Smart Kampung dan Gerai Panrita turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong, Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin, Forkopimda dan kepala OPD. Sedangkan Camat dan Kepala Desa/Kelurahan melalui sambungan virtual. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts