Peringati Hari Ibu, Pemkab Gelar Seminar Perempuan Berwirausaha

0
83

SINJAI, – Memperingati Hari Ibu ke-93 Tingkat Kabupaten Sinjai, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sinjai mengadakan seminar perempuan berwirausaha, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Selasa (28/12/2021).

Seminar yang bertema “Peluang dan Tantangan di Era Digital” ini dibuka secara langsung oleh Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Sinjai A. Tenri Rawe Baso dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran perempuan di bidang ekonomi.

“Hal ini sejalan dengan nawacita Presiden RI dan visi misi serta program Pemerintah Kabupaten Sinjai dibidang pemberdayaan perempuan yaitu mengoptimalkan peran perempuan dalam mengurangi kesenjangan ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Penasehat Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Ini dikarenakan peringatan hari Ibu kembali bisa dilaksanakan setelah pada tahun 2020 lalu tidak bisa diselenggarakan akibat wabah pandemi Covid-19.

“Meskipun saat ini kita bisa laksanakan secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kita tetap bersyukur karena kita bisa kembali berkumpul dan bersilaturahmi,” ucapnya.

Istri Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) ini mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah mempengaruhi segala sendi kehidupan, termasuk dibidang perekonomian dimana pendapatan masyarakat yang memiliki usaha mengalami penurunan signifkan.

Olehnya itu melalui seminar wirausaha ini, perempuan yang memiliki usaha bisa menyerap ilmu dari narasumber untuk meningkatkan kapasitas dan SDM yang dimiliki sehingga bisa kembali bangkit dari keterpurukan.

Apalagi kata Andi Nurhilda, tema seminar usaha ini sangat strategis dimana ibu atau kaum perempuan bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada saat ini dalam menjalankan usahanya.

“Kita harap kaum ibu-ibu di Sinjai paham dan tidak gaptek (gagap teknologi), bisa memperoleh informasi secara update dan memanfaatkan media sosial untuk menjalankan usahanya,” jelasnya.

Seminar yang menghadirkan narasumber Dr. Andi Octamaya Tenri Awaru ini ini diikuti oleh para Ketua dan Sekretaris organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Sinjai.

Dalam momentum Hari Ibu tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada ibu/perempuan yang berhasil dan berprestasi dalam bidang pendidikan, olahraga, ekonomi, keagamaan dan pertanian. (Tim Website)

Previous articleDifasilitasi Pemkab Sinjai, Masjid Nailul Ma’ram Dapat Bantuan Pocadi dari Pemprov Sulsel
Next articlePemkab Apresiasi Panggung Budaya Seni Lontara UMSi