Difasilitasi Pemkab Sinjai, Masjid Nailul Ma’ram Dapat Bantuan Pocadi dari Pemprov Sulsel

0
28

SINJAI – Pengurus Masjid Jami Nailul Ma’ram Kelurahan Lappa Kecamatan SinjaibItarabmenerima bantuan Pojok Baca Digital (Pocadi) dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Bantuan ini difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sinjai dalam rangka memajukan gerakan literasi mencerdaskan masyarakat khususnya di Kabupaten Sinjai.

Pocadi ini diterima oleh Ketua Pengurus Masjid Jami Nailul Ma’ram Muzawwir yang disaksikan oleh para Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel dan Kepala Dispusip Sinjai Mansyur, di Ruang Perpustakaan Masjid Jami Nailul Mar’am, Senin malam (27/12/2021).

Koordinator Kelompok Pustakawan Panrita dari Diinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel Sitti Aliah mengatakan bahwa mengatakan, Pocadi merupakan tempat membaca yang memberikan layanan perpustakaan secara e-book (digital), dimana didalamnya Selain bacaan digital, juga tersedia berbagai macam buku siap baca.

Bantuan Pocadi ini merupakan yang pertama kalinya diberikan kepada Kabupaten Sinjai untuk mendukung gerakan literasi masjid yang diprogramkan oleh Pemerinrah Provinsi Sulsel.

“Ini merupakan bentuk perhatian Bapak Plt Gubernur Sulse A. Sudirman Sulaiman dalam mendukung gerakan literasi dari masjid sehingga bisa menambah minat baca masyarakat, ” jelasnya.

Kepala Dispusip Sinjai Mansyur berujar bahwa program Pocadi ini merupakan program yang diidam-idamkan oleh seluruh Kabupaten/kota di Sulsel, namun tidak semua mendapatkan program ini sehingga pihaknya bersyukur Kabupaten Sinjai berhasil mendapatkan program tersebut.

“Tentu ini sangat sejalan dengan apa yang menjadi komitmen dari Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bagaimana agar bisa meningkatkan minat baca masyarakat melalui gerakan literasi. Program ini juga nantinya akan dilaunching secara resmi oleh bapak Bupati,” jelasnya.

Dipilihnya masjid kebanggaan warga Lappa ini menjadi titik bantuan paket Pocadi tidak lain karena Pengurus Masjid dinilai memiliki keseriusan dan aktif dalam berbagai kegiatan.

“Ini merupakan salah satu kepercayaan yang diberikan kepada pengurus Masjid Nailul Maram sehingga apa yang sudah diberikan ini bisa dipelihara dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, ” harapnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Masjid Jami Nailul Ma’ram Muzzawwir menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Dianas Perpustakaan Proplvinsi Sulsel dan Dispusip Sinjai atas fasilitas tersebut.

“Pojok baca digital ini sangat bermaflnfaat bagi jemaah Masjid dan secara umum bagi warga Lappa, mudah-mudahan dengan kehadiran Pocadi ini bisa meningkatkan gemar membaca ditengah gempuran digitalisasi saat ini, ” imbuhnya.

Muzawwir berharap dengan adanya bantuan ini, Dispusip Sinjai bisa memberikan pembinaan kepada pengelola Pocadi sehingga kedepan bisa lebih berkembang lagi.

Dalam Pocadi ini terdiri dari 274 eksamplar judul buku, 1 set rak buku, 2 unit Komputer, 2 unit meja komputer, 2 buah kursi, 1 unit Smart TV 43 inci, 1 unit UPS Stabilizer Listrik, 1 unit meja informasi, 1 unit sofa, dan 1 set karpet. (Tim Website)

Previous articleBantu Pemkab Sinjai, Pemuda Pancasila Lakukan Vaksinasi
Next articlePeringati Hari Ibu, Pemkab Gelar Seminar Perempuan Berwirausaha