Bupati ASA Bangga, Pemkab Sinjai Raih Peringkat 2 Anugerah KIP 2021

0
128

SINJAI, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai kembali menorehkan prestasi yang membanggakan di era kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA). Hal itu terlihat saat daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta ini, kembali dinobatkan menjadi penerima penghargaan pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021.

Kabupaten Sinjai berhasil dinobatkan sebagai peringkat 2 kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Informatif oleh Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang memperoleh nilai 92,01.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan mewakili Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa di Macora Hotel The Rinra, Makassar. Rabu, (15/12/2021)

Dalam kegiatan ini, Tamzil membeberkan bahwa Kabupaten Sinjai mengalami peningkatan dari tahun 2020 lalu yang darinya hanya meraih peringkat ketiga, kini berhasil naik ke peringkat kedua.

“Alhamdulillah, tahun ini kita berhasil naik satu peringkat. Kategori yang kita raih merupakan penilaian tertinggi dalam keterbukaan informasi publik,” ujarnya.

Secara terpisah, Bupati ASA menyampaikan rasa bangganya terhadap pencapaian Sinjai dalam hal keterbukaan informasi publik di Provinsi Sulsel ini.

“Saya sangat bangga, kita kembali berhasil meraih penghargaan sebagai kabupaten informatif dalam keterbukaan informasi publik. Hal ini akan menjadikan kita untuk terus meningkatkan semangat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

ASA berharap, pencapaian ini dapat terus dipertahankan ataupun bahkan ditingkatkan untuk menghadirkan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam hal keterbukaan informasi publik.

“Apa yang kita telah capai hari ini bukan berarti harus berpuas diri. Ke depan, pemerintah daerah bersama seluruh stakeholder lainnya harus selalu bersinergi untuk menghadirkan program yang berkualitas sebagai wujud kontribusi dalam membangun Kabupaten Sinjai yang kita cintai,” harapnya.

Pada penganugerahan KIP Tahun 2021 ini, diberikan kepada pemerintah desa, organisasi perangkat daerah (OPD), dan pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulsel yang masing-masing dengan kategori informatif, menuju informatif dan cukup informatif.

Dalam penilaian penganugerahan KIP tahun 2021 ini, untuk kategori informatif berada di kisaran 90 – 100. Adapun pada kategori menuju informatif nilainya antara 80 – 89,99. Sedang, kategori cukup informatif nilainya berada pada kisaran 60 – 70,99.

Untuk Kabupaten Sinjai, penghargaan kategori informatif ini diterima bersama Kabupaten Luwu Utara sebagai peringkat pertama dengan nilai 95,80. Sedangkan di peringkat ketiga diduduki oleh Kota Parepare dengan perolehan nilai 90,33.

Sekedar diketahui, proses penilaian ini berlangsung selama 4 bulan, mulai dari pengisian kuisioner, presentasi Badan Publik yang disampaikan Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai di hadapan tim penilai, kunjungan lapangan oleh tim penilai dari Komisi Informasi Provinsi Sulsel, dan terakhir adalah penyerahan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Selain Pemkab Sinjai, penghargaan untuk kategori pemerintah desa menuju informatif berhasil diraih oleh Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur sebagai peringkat pertama dengan perolehan nilai 89,57. Penghargaan tersebut diterima langsung Kepala Desa Tongke-Tongke, Sirajuddin. (Tim Website)

Previous articleBupati ASA Serahkan Penghargaan Pajak Daerah Award 2021 di Launching SIMPADA
Next articleDesa Tongke-Tongke Peringkat Pertama Desa Menuju Informatif di Sulsel