spot_img
Sunday, March 3, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBupati ASA Bersama NH Resmikan Gedung KSP Berkat Sinjai, Ini Harapannya

    Bupati ASA Bersama NH Resmikan Gedung KSP Berkat Sinjai, Ini Harapannya

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pemanfaatan teknologi atau digitalisasi menjadi suatu kebutuhan yang harus dilakukan oleh pelaku usaha termasuk lembaga koperasi. Hal ini penting dilakukan agar lembaga koperasi mampu beradaptasi terharap perubahan zaman, terlebih dimasa pandemi seperti saat ini interaksi secara langsung di masyarakat sangat dibatasi.

    Arahan ini disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Dr. H.A.M. Nurdin Halid saat menghadiri peresmian pemanfaatan gedung baru Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat Cabang Sinjai di Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu siang (11/12/2021).

    Saat ini, kata Nurdin, Dekopin telah melakukan percepatan digitalisasi dengan memiliki 4 aplikasi untuk menciptakan efisiensi, efektivitas dan transparansi sehingga ada kepercayaan yang lahir dari anggota koperasi.

    “Olehnya itu saya mengharapkan kepada KSP Berkat untuk bisa segera bekerjasama dengan penyedia aplikasi sehingga dapat memudahkan para anggota koperasi. Jika semua koperasi bisa beralih ke digitalisasi maka koperasi akan memberikan kontribusi besar dalam perekonomian di indonesia” ungkapnya.

    Sementara itu Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang meresmikan gedung baru ini berharap agar KSP Berkat bisa memperluas jaringannya melalui usaha-usaha produktif yang dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan memberi dampak dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

    Selain itu Bupati ASA juga menantang KSP Berkat agar bisa spin off dengan membentuk koperasi sektor riil. Langkah itu sebagai upaya peningkatan kualitas kelembagaan dan pengembangan usaha koperasi. 

    Apalagi kata ASA, potensi di sektor perikanan dan peternakan di Kabupaten Sinjai sangat besar sehingga memungkinkan untuk didirikan koperasi di sektor tersebut.

    “Kita punya hasil perikanan berkisar 8 ribu ton per tahun baik yang diekspor maupun yang dikonsumsi, demikian juga populasi sapi kita saat ini 140 ribu ekor. Jika potensi ini dimanfaatkan dengan membangun koperasi saya yakin perekonomian masyarakat akan semakin meningkat,” ujarnya.

    ASA menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sinjai siap berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Koperasi KSP Berkat untuk mewujudkan harapan tersebut.

    Menanggapai hal tersebut Ketua KSP Berkat H. Andi Makkasau memberi apresiasi dan merespon baik dari keinginan Bupati ASA yang menginginkan masyarakatnya lebih sejahtera.

    “Insya Allah kita akan upayakan untuk berkoordinasi hal tersebut dengan manajemen kita di sinjai. Kita mencoba untuk mengkomunikasikan dengan nelayan yang punya potensi besar sehingga kita bisa carikan solusi agar hasil produksi nelayan maupun peternak di Sinjai bisa lebih maksimal tanpa ada lagi tengkulak atau rentenir, ” ujarnya.

    Dalam peresmian ini turut dihadiri oleh Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi, Ketua Dekopinwil Sulsel H. Asrullah, Kadis Koperasi dan UKM Sulsel Abd. Malik Faisal, Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, para Forkopimda, Ketua Dekopinda Sinjai Hj. A. Nurhilda Daramata Seto serta undangan lainnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts