spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBupati ASA Dukung Pemberian Tablet Tambah Darah Bagi Rematri Dalam Mencegah Stunting

    Bupati ASA Dukung Pemberian Tablet Tambah Darah Bagi Rematri Dalam Mencegah Stunting

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) membuka pertemuan penyatuan kesepahaman dan komitmen minum tablet tambah darah bagi remaja putri (rematri). Jumat, (10/12/2021) sore.

    Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai berlangsung di ruang pola kantor Bupati Sinjai ini dihadiri oleh para perwakilan Forkopimda, para kepala OPD, serta para kepala sekolah SMP dan SMA sederajat, guru dan pimpinan perguruan tinggi se-Kabupaten Sinjai.

    Ketua panitia pelaksana, dr. Aliawati Albek dalam laporannya menuturkan, pemberian tablet tambah darah ini dilakukan sebagai upaya atas kerjasama lintas sektor dalam penurunan stunting.

    Apalagi, pemberian tablet tambah darah bagi rematri di Sinjai tercatat masih kurang dari 50 persen di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini.

    “Dengan dasar itulah melalui pertemuan ini bertujuan sebagai landasan kerjasama bagi para pihak dalam rangka bersinergi untuk pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri pada SMP, SMA dan perguruan tinggi se-Kabupaten Sinjai sebagai wujud pencegahan dan penanggulangan stunting,” tutur Aliawati.

    Sementara, Bupati ASA dalam sambutannya merespon positif pemberian tablet tambah darah ini. Menurutnya, rematri yang nantinya akan menjadi calon ibu harus dipersiapkan agar pada saat hamil, tidak mengalami anemia yang dapat menimbulkan resiko pendarahan saat melahirkan.

    “Untuk menanggulangi permasalahan stunting, salah satu upaya pemerintah adalah pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri. Apalagi, penurunan prevalensi stunting merupakan sasaran rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) bidang kesehatan tahun 2020-2024,” ujarnya.

    Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini berharap komitmen seluruh stakeholder dalam pemberian tablet tambah darah bagi rematri ini secara menyeluruh dalam mempercepat, mencegah dan menanggulangi stunting atau gizi buruk.

    “Saya berharap, dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman tadi, program minum tablet  bagi remaja putri Insya Allah akan terlaksana di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi secara menyeluruh,” harapnya.

    Dalam pertemuan ini, dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, serta stakeholder terkait pemberian tablet tambah darah bagi rematri.

    Selain itu, Bupati ASA menerima secara simbolis bantuan tablet tambah darah dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts