spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaWakili Bupati ASA, Sekda Sinjai Canangkan Kampung Literasi

    Wakili Bupati ASA, Sekda Sinjai Canangkan Kampung Literasi

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai, Drs. Akbar mewakili Bupati Andi Seto Asapa (ASA) resmi mencanangkan Kampung Literasi Sinjai di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai. Rabu, (01/12/2021).

    Kampung Literasi merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Khusus di Kabupaten Sinjai, program ini diinisiasi oleh Rumah Dongeng Sinjai (RDS).

    Dalam laporannya, Founder RDS, Mirfayani Mirsal mengungkapkan, program ini telah terbentuk di berbagai pelosok desa di Kabupaten Sinjai sebagai wujud peningkatan literasi di tengah masyarakat.

    “Program kampung literasi ini berasal dari Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus yang memberikan bantuan kepada Rumah Dongeng Sinjai dalam rangka upaya meningkatkan minat baca masyarakat,” ungkapnya.

    Sementara, Sekda Sinjai Drs. Akbar menyambut baik pencanangan Kampung Literasi di Kabupaten Sinjai ini. Menurutnya, literasi sangat penting di era perkembangan teknologi informasi yang pesat di zaman sekarang.

    “Dengan literasi ini, akan mendorong lahirnya karya ilmiah dari kampung sebagai wadah meningkatkan kualitas SDM masyarakat di Kabupaten Sinjai,” bebernya.

    Selain itu, dirinya juga mendorong instansi terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan Kearsipan Sinjai agar menyiapkan rancangan dalam suksesi kampung literasi di Bumi Panrita Kitta.

    “Secara menyeluruh, kita inginkan ada perencanaan yang matang dari pak Kepala Dinas Pendidikan maupun Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan agar kampung literasi ini bisa dirasakan secara menyeluruh oleh semua kalangan, karena pesatnya perkembangan teknologi saat ini, kedepan kita harapkan bisa mencanangkan juga literasi digital,” harapnya.

    Dalam pencanangan Kampung Literasi Sinjai, turut hadir Koordinator Pendidikan Keaksaraan dan Pengembangan Budaya Baca Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbud Ristek, Cecep Suryana.

    Kemudian hadir pula Kepala Kejari Sinjai Ajie Prasetya, Wakapolres Sinjai Kompol Joko Sutrisno, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Sinjai, dan para pegiat literasi se- Kabupaten Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts