spot_img
Wednesday, April 24, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaAkses Sinjai - Malino Terputus, Bupati ASA Sebut Jalan Mulus di Gunung...

    Akses Sinjai – Malino Terputus, Bupati ASA Sebut Jalan Mulus di Gunung Perak Jadi Alternatif

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Bencana longsor yang menerjang badan jalan provinsi, poros Sinjai – Malino yang diakibatkan curah hujan tinggi menyebabkan akses tersebut terputus.

    Jalan yang berada di Dusun Kasuarang, Desa Arabika, Kecamatan Sinjai Barat itu tidak bisa di akses kendaraan roda empat, hanya kendaraan roda dua.

    Beruntung akses jalan di Desa Gunung Perak, kini telah mulus ditambah hadirnya jembatan Batu Leppa penghubung menuju Kelurahan Balakia yang telah dibangun tahun 2020 lalu menjadi jalan alternatif.

    Akses jalan alternatif ini baru saja rampung dikerjakan tahun 2021 termasuk jembatan tersebut di bawah pemerintahan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) melalui Dinas PUPR Sinjai.

    Bupati ASA, bersyukur akses jalan yang telah dijanjikan untuk warga setempat ini telah dapat dinikmati, terlebih terputusnya akses utama Sinjai – Malino sebagai jalan alternatif.

    “Alhamdulillah pengerjaan jalan ini sudah selesai dan sudah bisa dilalui keluarga kita sebagai jalan alternatif baik dari Sinjai maupun sebaliknya dari Malino karena jalan provinsi yang biasanya di akses longsor dan terputus,” ungkap Bupati ASA disela-sela peninjauan jalan alternatif ini, Selasa (30/11/2021)

    Alumni Monash University ini menjelaskan, jalan sepanjang 3,6 Kilometer (Km) dari Desa Gunung Perak itu tembus ke jalan utama menuju Kanreapia Kabupaten Gowa.

    Pengerjaan akses jalan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

    Pembangunan akses jalan ini sebelumnya dimulai dengan pembangunan jembatan Batu Leppa sepanjang kurang lebih 50 meter tahun 2020 lalu.

    “Ini menjadi solusi sementara. Kita harapkan warga yang ingin ke Malino atau Sinjai bisa melalui jalan alternatif ini. Kita juga bersyukur jalan ini sudah dimanfaatkan,” pungkasnya.

    Terpisah Muh. Ilham, salah seorang pengendara roda empat sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dengan selesainya akses jalan Gunung Perak – Balakia.

    Akses jalan ini dinilai sangat membantu pengendara yang ingin melintas dari Malino ke Kabupaten Sinjai, apalagi dengan hadirnya jembatan baru (Batu Leppa Red).

    “Untung ada jalan ini pak, Alhamdulillah sudah mulus juga jalannya jadi saya tidak perlu lagi memutar balik ke Makassar untuk ke Sinjai karena jalan di Kasuarang longsor dan tidak bisa di akses,” jelasnya.

    Sebelumnya, Bupati ASA meninjau dua titik longsor di poros Sinjai – Malino. Kedua titik itu masing-masing di Dusun Rumpala Desa Boto Lempangang dan Dusun Kasuarang Desa Arabika Kecamatan Sinjai Barat.

    Peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti kondisi badan jalan yang longsor akibat hujan yang mengguyur daerah itu beberapa hari terakhir. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts