Bupati ASA Dorong Pesta Adat “Mappugau Hanua” Jadi Event Tahunan Pariwisata Sulsel

0
219

SINJAI, – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menghadiri acara pesta adat ”Mappugau Hanua” di kampung Caile, Dusun Baru, Desa Kanrung Kecamatan Sinjai Tengah, Senin (29/11/2021)

Usai disambut dengan makan adat (manre ade’), Bupati ASA didampingi Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong dan Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan, anggota DPRD Sulsel A. Muhtar Mappatoba serta Anggota DPRD Sinjai, Zainal Abidin Hasnur, menuju ke lokasi acara.

Dalam suasana yang begitu meriah, Bupati ASA menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya bisa bergabung dengan warga kampung Caile untuk menikmati hasil panen pertanian dan perkebunan masyarakat setempat melalui pesta adat Mappugau Hanua

“Alhamdulillah hasil pertanian dan perkebunan pada tahun ini berlimpah, kami dari Pemerintah Daerah terus berharap mudah-mudahan di tahun-tahun yang akan datang pertanian dan perkebunan disini kembali melimpah,” ucap Bupati ASA.

Di hadapan warga, Bupati ASA berharap agar tradisi ini bisa dijaga sehingga tradisi budaya dan kearifan lokal, khususnya yang ada di Kecamatan Sinjai Tengah ini tetap lestari, salah satunya makan bersama.

Pesta adat ini, kata Bupati ASA, merupakan hal yang sangat berharga secara khusus karena di kabupaten Sinjai mempunyai banyak kegiatan-kegiatan adat yang didalamnya masih terjaga sikap gotong royong antar sesama warga.

Kegiatan ini, sarat dengan makna dan nilai filosofi yang bernilai positif dalam rangka penguatan budaya lokal masyarakat setempat tentang rasa syukur terhadap hasil panen Pertanian dan perkebunan.

Olehnya itu, Bupati ASA berharap, kedepan pesta Adat Mappugau Hanua bisa menjadi agenda resmi Pemkab Sinjai dan agenda pariwisata di Sulawesi Selatan.

“Mudah-mudahan pesta adat ini bisa dimaksudkan agenda dari Pemerintah Daerah, supaya bisa kita dorong menjadi agenda pariwisata di provinsi Sulsel,” jelasnya.

Pesta adat Mappugau Sihanua merupakan tradisi turun-temurun yang telah digelar setiap tahunnya secara bergiliran oleh masyarakat Desa Kanrung, Desa Saohiring dan Kelurahan Samaenre,Kecamatan Sinjai Tengah.

Dalam acara puncaknya, tradisi Madekko (menumbuk lesung) oleh kaum ibu-ibu menjadi pertunjukan yang dinanti warga. Sama seperti atraksi “Mangngaru”.

Tradisi ini turut dihadiri Camat Sinjai Tengah, Muh Jufri, Penjabat Kepala Desa Kanrung, A. Asda Kadir, pemangku adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan serta masyarakat setempat. (Tim Website)

Previous articleBupati ASA Sambut Baik Program Keamanan Pangan BPOM di Sinjai
Next articleDirgahayu Korpri, Ini Pesan Penting Bupati ASA kepada ASN