Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan di Kampung KB Desa Kalobba

0
76

SINJAI – Dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe melaksanakan pelatihan pembuatan pakan ikan bagi kelompok budidaya ikan air tawar, di Aula Kantor Desa Kalobba, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan yang melibatkan puluhan kelompok budidaya ikan air tawar ini berlangsung selama sehari dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sinjai A. Tenri Rawe Baso.

Sekretaris Desa Kalobba Makmur mengatakan bahwa pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan usulan masyarakat dari hasil pertemuan Kampung KB yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Hari ini kami laksanakan pelatihan cara pembuatan pakan ikan dengan melibatkan Dinas Perikanan Sinjai untuk membekali warga cara membuat pakan ikan dengan memanfaatkan bahan lokal yang aman dan murah,” jelasnya.

Menurutnya, antusias warga Kalobba dalam membudidayakan ikan air tawar sangat tinggi apalagi setelah adanya bantuan bibit ikan nila sebanyak 150 ribu ekor yang diserahkan oleh Pemerintah Desa setempat.

Sementara itu Kadis DP3AP2KB Sinjai A. Tenri Rawe Baso sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Kampung KB Borong Ampirie desa Kalobba.

Untuk meningkatkan integrasi kegiatan lintas sektor pada Kampung keluarga berkualitas, kata Andi Tenri, diperlukan keterlibatan semua unsur terkait dalam memenuhi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Kampung KB disini memiliki kelompok kerja yang aktif dalam melakukan berbagai kegiatan sehingga menjadi Kampung KB Percontohan di Sinjai, ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami di Dinas P3AP2KB Sinjai,” ucapnya.

Mantan Kabag Perekonomian Setdakab ini menilai melalui pelatihan ini mendorong para pembudidaya untuk menekan biaya operasional usahanya dengan membuat pakan alternatif berkualitas menggunakan bahan baku lokal sehingga lebih ekonomis.

“Pada dasarnya, pakan alternatif bisa diramu sendiri dengan melihat karakteristik bahan baku yang dipilih. Melalui pelatihan ini, saya harap pembudidaya bisa memproduksi sendiri pakan ikan dan juga bisa menjual hasil produksinya sehingga ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, ” tambahnya.(Tim Website)