spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaSinjai Kembali Raih Penghargaan Tingkat Nasional

    Sinjai Kembali Raih Penghargaan Tingkat Nasional

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Prestasi membanggakan, Kabupaten Sinjai kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini, penghargaan itu adalah Swasti Saba kategori Wistara tahun 2021.

    Penghargaan wistara ini diterima Kabupaten Sinjai yang kedua kalinya setelah dinyatakan sebagai salah satu Kabupaten Sehat di Indonesia di tahun 2019 lalu dengan kategori yang sama yakni Swasti Saba Wistara.

    Raihan penghargaan ini diumumkan Pemerintah Pusat pada penganugerahan penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) atau Swasti Saba tahun 2021 secara virtual yang digelar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (17/11/2021)

    Jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) Sinjai dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Drs Akbar yang juga Tim Pembina Forum Kabupaten Sehat (FKS) Sinjai bersama pengurus FKS Sinjai mengikuti kegiatan ini di ruang rapat Sekda Sinjai di Kantor Bupati Sinjai.

    Plt Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Kartini Rustandi, mengatakan, penganugerahan ini sebagai wujud apresiasi pemerintah pusat atas tercapainya kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat atas terlaksananya program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

    Dikatakan penganugerahan ini dilakukan setiap dua tahun sekali. Khusus tahun 2021, pemerintah pusat telah memverifikasi 155 dokumen Kabupaten/Kota di 23 Provinsi di Indonesia.

    Hasilnya diperoleh berbagai data sekaitan pelaksanaan KKS, diantaranya 3 Provinsi terbaik sebagai pembina KKS, 25 KKS untuk penghargaan Swasti Saba kategori Wistara, 4 Kabupaten penghargaan Swasti Saba kategori Wiwerda dan 7 KKS peraih penghargaan Swasti Saba Padapa.

    Terpisah Sekda Sinjai, Drs Akbar usai mengikuti penganugerahan KKS mengemukakan, pencapaian penghargaan Swasti Saba Wistara kategori tertinggi dalam penilaian penyelenggaraan KKS yang dilakukan oleh Kemenkes dan Kemendagri, kedua kalinya ini adalah hal yang sangat luar biasa bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sinjai.

    Olehnya itu, Sekda menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang selama ini berperan membantu pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Sinjai menjadi daerah yang aman, nyaman, bersih dan sehat untuk dihuni.

    “Alhamdulillah ini semua tidak lepas dari peran serta seluruh pihak mulai dari pemerintah, masyarakat, media, LSM serta FKS Sinjai atas kolaborasi yang baik sehingga Kabupaten Sinjai kembali diakui pemerintah pusat sebagai salah satu Kabupaten Sehat di Indonesia melalui penghargaan Swasti Saba Kategori Wisatara kedua kalinya,” pungkasnya.

    Penganugerahan penghargaan Swasti Saba KKS tahun ini juga dirangkaikan dengan penganugerahan penghargaan penerapan protokol kesehatan bagi tempat pengelolaan pangan tahun 2021 yang berlangsung di Hotel JS Nuansa Jakarta Pusat.

    Sebelumnya tim verifikasi lapangan KKS tahun 2021 melakukan penilaian di Kabupaten Sinjai pada 7-8 Oktober 2021 lalu di 6 lokus atau tatanan, termasuk Sekretariat FKS Sinjai serta di Sekretariat Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Kantor Camat Sinjai Utara. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts