Jadi Narasumber, Irwan Suaib: Sederet Prestasi Pemkab Sinjai Tidak Terlepas dari Peran Pemuda

0
242

SINJAI, – Dalam kurun waktu 3 tahun kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), telah banyak menorehkan sederetan prestasi.

Dari berbagai prestasi ataupun pencapaian yang diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, tidak terlepas dari kontribusi pemuda.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sinjai, Irwan Suaib saat menjadi narasumber pada diskusi virtual bertajuk Sinjai Millenial Talk yang diselenggarakan oleh Gerakan Sinjai Muda (GSM) via zoom. Selasa malam, (02/11/2021)

“Salah satu prestasi yang menonjol di kalangan pemuda adalah Sinjai mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Pemuda dari Kemenpora RI. Itu tidak terlepas dari kontribusi pemuda,” katanya.

Dari pencapaian tersebut lanjut Irwan, menandakan bahwa program Pemkab Sinjai sejalan dengan kepemudaan, baik dari segi regulasi, penganggaran, hingga sarana prasarana.

Dijelaskan Irwan bahwa dari segi penganggaran, pemerintah telah memberikan perhatian besar bagi pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Sinjai.

Begitupun dengan program-program yang telah dilakukan pemerintah daerah, mulai dari program pemberdayaan, hingga program pengembangan kepemudaan di Sinjai.

Selain itu, Kabupaten Sinjai yang mendapatkan bonus demografi atau kata lain, mengalami penambahan jumlah penduduk usia produktif dinilai sebagai satu peluang dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Sinjai.

Mengenai kontribusi pemuda selama ini, Irwan menyampaikan beberapa pemuda Sinjai yang telah memiliki peran sentral khususnya di berbagai sektor.

Mulai dari segi perekonomian, peningkatan sumber daya manusia (SDM), hingga di ranah eksekutif dan legislatif.

“Kontribusi pemuda Sinjai itu ada pada beberapa sektor. Kita bisa melihat di bidang literasi, ada Zainal Abidin dan adinda Mirfayani,” jelasnya.

“Di sektor ekonomi, ada adinda Waris dari Sinjai Tengah yang merupakan owner Madeceng Farm, Asmar di Sinjai Tengah dengan usaha minuman markisanya, kemudian adinda Awal di Tellulimpoe dengan usaha Tellu Solo Aldian Jaya,” sambungnya.

“Begitu juga di dalam eksekutif. Perangkat daerah yang menjabat eselon 2 dan eselon 3 kita sudah lihat bahwa anak muda sudah memberikan peran atau inovasi dalam membangun Sinjai. Tidak hanya itu di legislatif, teman-teman di DPRD Sinjai yang banyak anak muda sebagai vokal dalam menyampaikan aspirasi masyarakat,” terangnya.

Terakhir, dirinya menekankan pesan Bupati ASA agar para pemuda menyampaikan gagasannya kepada pemerintah dalam membangun Sinjai, khususnya di sektor ekonomi.

“Bapak Bupati memang banyak mendorong anak muda untuk terlibat di sektor ekonomi melalui program menciptakan 1.000 wirausaha baru. Karena kita liat sekarang kondisi perekonomian, dan kita harus bekerja ekstra untuk membangkitkan ekonomi di Sinjai,” pesannya.

Senada dengan Irwan, narasumber lainnya yakni Ketua KNPI Sinjai, Syahrul Paesa juga mengajak para pemuda untuk memberikan karya nyata demi kemajuan Sinjai ke depannya.

“Pemerintah daerah sudah membuka ruang dan telah memfasilitasi kita semua para pemuda. Mari kita manfaatkan momentum ini untuk memberikan sumbangsih gagasan ataupun karya nyata untuk Sinjai yang lebih maju,” ungkap Syahrul yang juga Camat Bulupoddo.

Dimoderatori oleh Arinil Hidayah Bur, talkshow yang bertemakan “Sederet Prestasi Sinjai, Bagaimana Peran Pemuda?” ini diikuti oleh seratusan pemuda, termasuk dari luar Kabupaten Sinjai. (Tim website)

Previous articleSekda Sinjai Ajak Warga Lestarikan Budaya Lokal Melalui Pesta Adat ‘Mappugau Sihanua
Next article48 Tim Siap Bertarung Pada Turnamen Futsal BRI Redgank Sinjai