spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaKomunitas Perupa Topekkong Meriahkan Festival Budaya 'Gau Pakkaja'

    Komunitas Perupa Topekkong Meriahkan Festival Budaya ‘Gau Pakkaja’

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Pameran karya seni rupa yang merupakan salah satu rangkaian dari Festival Budaya ‘Gau Pakkaja’ mulai digelar, Senin malam (25/10/2021).

    Kegiatan yang melibatkan Komunitas Perupa Topekkong ini berlangsung di Gedung Pertemuan Sinjai dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai A. Jefrianto Asapa.

    Ketua Komunitas Perupa Topekkong, A. Firman selaku Pantia pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini menghadirkan karya-karya perupa dari berbagai media yang dihasilkan dari cipta dan rasa para perupa dari Komunitas Perupa Topekkong.

    “Pameran ini berlangsung hingga tanggal 29 Oktober 2021 dengan tema “Merajut Rupa di Bumi Panrita Kitta Jilid 2′, setelah sebelumnya kami juga pernah lakukan di tahun 2018 lalu di Lapangan Nasional Sinjai, ” katanya.

    Visualisasi karya seni dalam setiap media yang dihasilkan, kata Firman, merupakan hasil perenungan dari para seniman dengan konsep pameran tidak jauh dari alam budaya maritim.

    Kepala Dinas Pendidikan Sinjai A. Jefrianto Asapa dalam sambutannya menyampaikan bahwa program fasilitasi bidang kebudayaan (FBK) yang dilaksanakan ini merupakan hal baru bagi masyarakat Sinjai sebab baru pertama kali digelar.

    PKBM Todilaling sebagai salah satu lembaga yang mampu meyakinkan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI untuk diberikan dana hibah dalam pelestarian budaya yang ada.

    “Ini menjadi wadah untuk menjalankan agenda strategis kebudayaan yang mana masyarakat sebagai unsur utama dalam memajukan ekosistem kebudayaan. Kita harap nilai-nilai dalam ‘Gau Pakkaja’ini harus tetap dilestarikan, ” jelasnya.

    Pihaknya juga berharap kepada kepala sekolah dan guru mampu mendidik siswa menjadi generasi yang memiliki tekad untuk melestarikan budaya daerah serta mengenal obyek wisata.

    “Kedepan kami punya program sadar wisata, yaitu bagaimana agar setiap sekolah minimal sekali dalam sebulan mengajak siswanya ke obyek wisata yang ada diwilayahnya masing-masing,” bebernya.

    Sementara itu Kadisparbud Sinjai Yuhadi Samad sangat mengapresiasi dan mendukung adanya festival budaya yang digagas oleh PKBM Todilaling binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai.

    “Kami berterima kasih dan sangat bersyukur bahwa even ini bisa dilaksanakan di Kabupaten Sinjai, ini sangat penting dalam rangka mengangkat budaya-budaya yang ada di Sinjai, kita mulai dari ‘Gau Pakkaja’ ini dan semoga ini menjadi pelecut semangat bagi komunitas lainnya dalam berkarya, ” ujarnya.

    Pembukaan pameran seni rupa yang menampilkan puluhan hasil karya dari Komunitas Perupa Topekkong ini turut dihadiri oleh Kabag Perekonomian Setdakab Sinjai A. Mandasini Saleh, Ketua DPD KNPI Sinjai Syahrul Paesa, serta para seniman dan budayawan Sinjai.(Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts